Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) menstimulus pembentukan Kampung Maritim yang Berkelanjutan di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. 

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FISIP UMSU Dra. Yurisna Tanjung di Medan, Sabtu, mengatakan, IMM FISIP UMSU merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan dari 328 organisasi se Indonesia yang dipercaya oleh Kemendikbudristek untuk menjalani program ini. 

"Ini merupakan salah satu program bergengsi dan tergolong program unggulan berskala nasional. Alhamdulillah, PK IMM FISIP UMSU terpilih sebagai organisasi yang dipercayai untuk menjalankan program ini," katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (22/7) di desa itu bertajuk "Diversifikasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Unit Usaha Kemaritiman dan Revitalisasi Lahan Kritis di Desa Bagan Serdang, Kabupaten Deli Serdang". 

Kegiatan itu juga merupakan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2022.

Dengan mengusung tema Kampung Maritim Berkelanjutan, IMM FISIP UMSU menawarkan lima program utama.
 
Yakni pembentukan kelompok usaha bersama nelayan, peningkatan kualitas produksi terasi bagi kelompok ibu nelayan, pemanfaatan limbah kulit kerang, revitalisasi kawasan mangrove dan revitalisasi wisata pantai melalui zero waste sistem.

Kepala Desa Bagan Serdang, Imran, menyatakan banyak terima kasih karena telah memilih desanya sebagai mitra dalam program ini. 

"Seingat saya ini kali ketiga kita telah menjalin program kerja sama. Program ini memang sangat kami butuhkan untuk meningkatkan kualitas ekonomi di desa kami, terlebih pengembangan pemasaran produk hasil laut di desa ini," katanya.

Sahran Saputra selaku dosen pendamping menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat dalam program ini sangat menentukan tingkat keberhasilan program.

"Saya berharap masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam program ini, sehingga terjadi kolaborasi yg baik antara mahasiswa dan masyarakat penerima manfaat dalam menjalankan program," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022