Bank Indonesia mulai menggelar Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Sumatera Utara untuk persiapan Road to Fesyar Regional Sumatera Tahun 2022  di Aceh, 4-6 Agustus 2022.

"Fesyar diharapkan semakin mengenalkan dan mendorong peningkatan ekonomi syariah di dalam negeri," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, di Medan, Jumat.

Dia mengatakan itu usai membuka Fesyar Sumut dengan tema Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Regional untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi Sumut yang Inklusif.

Pelaksanaan Fesyar Sumut 2022 merupakan kolaborasi dari Kantor Perwakilan BI Sumut, Pematang Siantar dan Sibolga.

BI menyelenggarakan Fesyar di tiga wilayah, mulai dari Fesyar KTI di Makassar (28-30 Juli), Fesyar Sumatera di Aceh (4-6 Agustus), dan Fesyar Jawa di Surabaya (8-10 September).

Termasuk ISEF di Jakarta pada Oktober 2022.

"Pelaksanaan Road to Fesyar Sumatera 2022 menjadi momentum penting dengan ditunjuknya BI Sumut sebagai tuan rumah penyelenggara untuk Fesyar Sumatera 2023," katanya.

Fesyar diharapkan dapat menjadi potensi dalam menggerakkan perekonomian Sumut melalui pelaksanaan kegiatan nasional se-Sumatera.

Doddy menjelaskan, rangkaian Fesyar Sumut 2022 sudah dimulai sejak awal Juni melalui proses penyisihan kandidat peserta perlombaan.

"Masyarakat Sumut cukup antusias untuk berpartisipasi. Tercatat total peserta terdaftar sebanyak 335 orang," katanya.

Mulai untuk kategori lomba MTQ 105 orang, kaligrafi 54, wirausaha muda syariah 44,dan kreasi busana muslim 22 orang.

"Kandidat terbaik  menjadi wakil Sumut pada ajang Fesyar Sumatera di Aceh," ujar Doddy Zulverdi.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022