Usai dinyatakan berhalangan tetap, posisi Darwin Alboin Kudadiri sebagai Kepala desa (Kades) Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo akan diduduki oleh Olihin Kudadiri sebagai PAW hingga 28 Desember 2023 mendatang. 

Olihin secara resmi dilantik oleh Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu, Selasa (12/07/2022) di Kantor Camat Sitinjo.

Dalam arahannya kepada Kades PAW, Olihin Kudadiri, bupati berpesan, bahwa kewenangan kepala desa sangat tinggi. Anggaran sudah diserahkan, kepada kades walau ada supervisi pada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).  

Jadi saya pesankan perlu jiwa kenegarawanan agar menggunakan wewenangnya sesuai porsinya. Lakukanlah pengeloaan keuangan, APBDes, Anggaran Dana Desa (ADD) dengan menajalankannya sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku jangan sampai jabatan ini menjadi alat penyalahgunaan wewenang, gunakan anggaran untuk untuk kesejahteraan masyarakat di desa saudara," pesan bupati tegas.

 Lebih jauh bupati kabupaten penghasil kopi ini berpesan, agar kepala desa yang baru cakap memahami peraturan agar hal-hal yang tidak baik tidak terulang. 

"Ini pesan berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi, darin pengalaman itulah pesan yang bisa saya sampaikan. Masalah hukum yang dialami pejabat lama itu adalah tanggung jawabnya secara pribadi. Seorang kepala desa harus jadi panutan, kades adalah milik rakyat, yang memiliki kemampuan dalam menghimpun kekuatan, menghimpun persatuan dan kesatuan," ucap bupati menambahkan.

Tidak lupa bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan proses pemilihan kepala desa antar waktu  ini, baik kepada Dispemdes, P2KD, BPD, warga masyarakat Desa Sitinjo, secara  khusus kepada Herdi Sidebang yang menjadi Pelaksana tugas kades sebelum kades PAW dilantik.

"Saya ingin sampaikan terimakasih kepada pejabat Herdi Sidebang, yang telah melakukan tugas hingga pelaksanaan hari ini. Walau ada riak-riak dalam proses sebelumnya, semua masih tahap wajar, saya yakin P2KD sudah melakukan tugas dengan baik. Apa kekurangan kita agar kita evaluasi.Tali silaturahmi jangan putus dengan transissi ini. Mari jalin kembali tali silatirahmi, bersama-sama memberi pemikiran dalam program pembangunan," ucap bupati mengakhir pesannya.

Sebagai informasi, pelantikan kades PAW ini merupakan solusi usai Pejabat  kades lama berhalangan tetap akibat tersandung masalah hukum.

Hadir dalam pelantikan ini, kadis pemdes, Bahagia Ginting, camat Sitinjo, Simon Tony Malau, Kapolsek, Danramil, Ketua BPD, P2KD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.


 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022