Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaporkan tujuh pasien COVID-19 di daerah ini dinyatakan sembuh per 7 Juli 2022 sehingga akumulasinya menjadi 151.896 kasus sembuh.
 
"Tujuh pasien COVID-19 yang sembuh ini merupakan kasus transmisi lokal," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumut dr Nora Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Kamis.
 
Selain adanya tambahan kasus kesembuhan, kata dia, terjadi pula penambahan jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 18 orang yang merupakan kasus transmisi lokal.
 
Nora menyebutkan bahwa penambahan kasus baru COVID-19 itu didapat dari hasil pemeriksaan 2.637 spesimen yang dilakukan per 7 Juli 2022.
 
"Total akumulasi kasus COVID-19 di Sumut saat ini menjadi 155.236 kasus konfirmasi positif," ujarnya.

Baca juga: Kasus positif harian bertambah 2.881 orang
 
Kemudian, katanya, kasus kematian akibat COVID-19 di Sumut nihil penambahan sehingga totalnya masih bertahan pada angka 3.259 orang.
 
Dengan demikian, papar dia,  total kasus aktif atau pasien yang tengah menjalani perawatan dan isolasi akibat COVID-19 saat ini berjumlah 81 orang.
 
Ia mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi, dan interaksi.
 
"Patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022