Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan meluncurkan 14 toko online yang merupakan rangkaian dari praktik mata kuliah Pemasaran Produk Agribisnis bagi mahasiswa Semester VI Program Studi Penyuluhan Perkebunan Presisi. 

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini di Medan, Rabu, mengatakan upaya tersebut bertujuan agar mahasiswanya mampu memasarkan produk agribisnis secara online sehingga siap menjadi job creator dan job seeker di sektor pertanian.

Yuliana pun berharap mahasiswa mampu melakukan pemasaran produk yang dihasilkan, berinovasi dan berkreasi menghasilkan produk-produk baru serta konsisten meskipun telah lulus mata kuliah Pemasaran Produk Agribisnis.

"Soft launching 14 toko online tersebut menandai kesiapan mahasiswa Polbangtan mengembangkan kewirausahaan berbasis digital," katanya.

Ia mengatakan, pendidikan vokasi berperan penting menghasilkan petani milenial yang berjiwa wirausahawan.

"Kementan melalui pendidikan vokasi menghubungkan kampus dengan industri agar lulusan sesuai kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru. Kementan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausahawan pertanian," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

"Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian ke depan menjadi pertanian modern," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022