Pemka Padang Lawas ( Palas), melalui Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  menggelar  penandatanganan berita acara  kesepakatan pelaksanaan pemilihan kepala desa ( Pilkades) damai, ini di Aula Hotel Marwah, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Senin (27/6) 

Acara penandatangan kesepakatan berita acara Pilkades damai ini, diikuti sekitar sebanyak 288 orang peserta calon kepala desa ( Cakades) yang akan mengikuti pelaksanaan kegiatan Pilkades serentak Palas, tahun anggaran 2022. Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar, Kajari Palas Teuku Herizal SH, MH, Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten ARH Saleh Hasibuan, Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, Asisten I Pemkab Palas H Panguhum Nasution, Inspektur Palas Harjusli Fahri Siregar dan Plt Kadis PMD Palas M Faisal Amrin Siregar SAP, MM, bersama Kabid Pemdes M Yusuf Hutajulu, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) dikesempatan ini mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada seluru peserta  ( Cakades) dan tamu undangan diacara tersebut. Melalui kegiatan ini, AZP berharap, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 ini nanti di Palas, dapat berlangsung aman, nyaman, damai, dan tertib di seluruh desa yang akan mengikuti kegiatan pelaksanaan Pilkades tersebut.

"Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Pertama, tetap jaga persaudaraan di desa masing - masing, jangan sampai tercerai berai gara - gara Pilkades. Dan jangan sampai karena pelaksanaan pilkades nanti terjadi tindak kiriminal, serta jangan saling memfitnah".sambung AZP berpesan kepada seluruh Cakades peserta acara ini. 

"Kedua, setiap desa saya yakin dibangun dengan kearifan lokal. Oleh karena itu, apabila ada permasalahan, tuntaskan dengan baik, bermusyawarah dan bermufakatlah bersama kahanggi, anak boru dan mora seperti yang sudah terbiasa dilakukan selama ini. Tujuannya, agar hubungan tali persaudaraan dan silaturrahmi tetap terjalin dengan baik di desa masing masing kedepannya".tambah AZP.

Untuk mensukseskan  pelaksanaan Pilkades serentak di Palas, mewakili Forkopimda, sebelumnya Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, M.Si mengajak seluruh Cakades peserta acara ini supaya bersama - sama menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai di desa masing - masing. Dan berpesan, bagi para Cakades yang tidak berhasil dipelaksanaan Pilkades nanti supaya legowo.

"Tetap semangat jaga hubungan silaturrahmi dan tali persaudaraan, karena mungkin ada rencana yang lebih besar, dan lebih baik dari Allah kepada saudara - saudari kami yang belum berhasil nanti".ujarnya.

Sedangkan kepada peserta Cakades terpilih nanti, AKBP Indra berpesan supaya merangkul semua masyarakat termasuk Cakades yang belum berhasil terpilih. Tujuannya, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai, juga menciptakan hubungan silaturrahmi yang harmonis di tengah - tengah masyarakat, di desa masing - masing kedepannya.

Diketahui sebelumnya, sesuai jadwal tahapan, rencana pelaksanaan Pilkades serentak di Palas akan digelar pada 6 Juli 2022. 

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022