Polres Langkat dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melaksanakan kegiatan simulasi peragaan pengamanan desa di lokasi TPS dan pengawalan kotak suara pada Pilkades tahun 2022, yang akan digelar serentak 19 Juni mendatang.

Pelaksanaan simulasi itu dilakukan dilapangan Januraga Polres Langkat, Selasa (14/6).

Kapolres Langkat menyampaikan kegiatan simulasi peragaan pengamanan dan pengawalan kotak suara Pilkades tahun 2022 di wilayah hukum Polres Langkat, merupakan gambaran persiapan Polres Langkat dalam melaksanakan Pengamanan Pilkades Serentak.

Sementara Kabag Bin Ops Polda Sumut AKBP Deni Kurniawan SIK, MH menyampaikan di setiap kegiatan Simulasi Pilkades ataupun Pemilu pasti dalam skenario kesuksesannya adalah pelaku bisa diamankan dan kotak suara dikawal dengan aman dan baik. Namun fakta di lapangan tidak semudah itu. 

Dimana beberapa pelaksanaan Pilkades di Kabupaten yang sudah saya dampingi tidak berjalan seperti yang diinginkan, contoh di Kabupaten Dairi terjadi perebutan kotak suara, yang disalahkan pasti Polri karena dinilai tidak siap. 

Polres jajaran harus bisa merencanakan metode pengamanan  dengan baik. Setiap pelaku atau kelompok yang mencoba menggangu pelaksanaan Pilkades harus di tindak tegas dan jangan ragu.

Oleh sebab itu kita sebagai anggota Polri harus memahami tugas pokok dan fungsi masing masing di lapangan, dan menguasai data desa yang akan dilakukan pengamanan. 

Hasil evaluasi, selesai tahapan pungutan suara ada saja pihak yang tidak puas dan akan melakukan gugatan secara mekanisme hukum bahkan melakukan aksi anarkis dan harus diantisipasi, katanya.

"Mari kita doakan proses tiap tahapan Pilkades tahun 2022 di Kabupaten Langkat bisa berlangsung dengan aman dan kondusif," harapnya.


 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022