IAIN Padangsidimpuan bertansformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (Syahada)  berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No 87 Tahun 2022 tertanggal 8 Juni 2022.

“Alhamdulillah, hari ini, kita seluruh civitas akademika juga keluarga besar IAIN Padangsidimpuan mendapatkan berita dengan ditetapkan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN Syahada oleh keputusan presiden," ucap Rektor IAIN Padangsidimpuan Darwis Dasopang, Jum'at (10/6).

Keberhasilan perjuangan ini adalah berkat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas kita semuanya. Kita juga berterima kasih kepada seluruh civitas akademika juga stakeholders yang terus mendukung kita, semoga sinergisitas ini terus terbina dalam mewujudkan cita-cita bersama meningkatkan karakter generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta cinta tanah air, ungkap Dr Muhammad Darwis Dasopang.

Tidak terlepas juga diungkapan bahagia dari mantan rektor IAIN sebelumnya Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL, "Alhamdulillah Rabb al-'Alamin semoga UIN Syahada ini menjadi pemacu semangat para pimpinan, dosen, pegawai serta karyawan dan mahasiswa untuk maju dengan semangat yang kuat menjadi Perguruan Tinggi Islam yang betul-betul berkualitas dengan daya saing yang kuat serta jadi kebanggaan umat,” ungkap Guru Besar tersebut.

Sementara itu Hasanuddin Sipahutar, S.Pdi yang merupakan alumni STAIN Padangsidimpuan sebelum berubah nama menjadi IAIN Padangsidimpuan mengucapkan rasa terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang telah menetapkan melalui peraturan presiden UIN Syahada dari IAIN Padangsidimpuan, ini merupakan lompatan besar dan trasformasi dunia pendidikan di Kota Padangsidimpuan khususnya dan pada umumnya di Tapanuli Bagian Selatan.

Hasanuddin yang merupakan mantan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Padangsidimpuan juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri Agama Republik Indonesia yakni Gus Yaqut Cholil Qoumas (Gusmen).

"Kami aturkan ucapan terimakasih, dan saya mewakili alumni mengajak seluruh alumni untuk semakin kuat, guyup dan semangat bersama dalam peningkatan mutu pendidikan di Kota Padangsidimpuan dimana sekarang peralihan IAIN ke UIN sudah ditetapkan presiden," kata Hasan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022