Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu apresiasi komitmen Pengelola Tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources (AR) berperan aktif melestarikan lingkungan.

Apresiasi itu disampaikan Bupati ketika hadir memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 bertema "Only One Earth" digelar PT.AR dipusatkan di SMKN 2 Batang Toru wilayah setempat, Senin (6/6).

Komitmen melestarikan lingkungan yang dilakukan PT AR itu berupa penanaman 200 bibit pohon sekaligus penyerahan 1.200 bibit pohon ke masyarakat sekitar tambang Batang Toru dan Muara Batang Toru.

Baca juga: Kader Golkar minta Syahrul Pasaribu tak lelah berjuang demi pembangunan

"Kiranya kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan bahkan ditingkatkan demi menjaga lingkungan serta ekosistem  lebih sehat dan bersih dan hijau hingga ke anak cucu," kata Dolly.

Sementara General Manager Operations PT AR, Rahmat Lubis, mengatakan komitmen kuat terhadap pelestarian alam sebagai upaya melindungi dan mampu mendukung kehidupan makhluk hidup. Selain tanggung jawab bersama untuk menjaganya.

"Hingga saat ini PT AR sudah menanam lebih dari 41.000 bibit pohon. Di fasilitas nursery/pembibitan PT AR juga sudah menyiapkan lebih dari 5.000 bibit tanaman lokal," sebutnya.

Dalam pengelolaan lingkungan dan keanekaragaman hayati PT AR berkomitmen sesuai kaidah pertambangan yang baik sesuai regulasi yang ada di Republik Indonesia.

"Dalam survei komposisi dan keanekaragaman flora dan fauna di lokasi rencana pengembangan Tambang Emas Martabe, kami juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di bidang pendidikan, sains, penelitian, dan konservasi keanekaragaman hayati. Seperti IPB, UNAS, USU, UMTS, dan UNAR,"   tambahnya.

Selain penanaman pohon bersama di SMK Negeri 2 (Pertambangan), kegiatan lain yang di helat PT AR yakni Lomba mewarnai dan Menggambar kelompok usia 3-5 tahun dan 6-10 tahun, Lomba Penulisan Esai Lingkungan tingkat SMA/SMK se-Tapsel, serta PT AR Goes to School untuk edukasi pengelolaan lingkungan bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK di Batang Toru.

Tidak saja kalangan masyarakat sekitar, PT AR menggelar sejumlah kegiatan bagi karyawan PT AR dan mitra kerja, yakni Lomba Cerdas Cermat Lingkungan, Lomba Video Kreatif Lingkungan Hidup, Biodiversity Fun Run, Lomba Inovasi Lingkungan Hidup.

 
Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu dan General Manager Operations PT Agincourt Resources, Rahmat Lubis foto bersama Karyawan Tambang Emas Martabe dan sejumlah pejabat Tapsel dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. (ANTARA/HO-dokumen pribadi)
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022