PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumatera Utara melakukan vaksinasi COVID-19 gratis kepada 838 penumpang selama angkutan Lebaran 2022.

"Vaksinasi COVID-19 penumpang terbanyak berupa vaksin ketiga (booster) yang mencapai 670 orang," ujar Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono di Medan, Senin.

Selebihnya atau 168 penumpang merupakan vaksinasi primer, yakni dosis I dan II, katanya.

Mahendro menjelaskan manajemen KAI membuat program vaksinasi COVID-19 gratis untuk calon penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2022

"Setiap hari selama angkutan Lebaran KAI,  tetap ada calon penumpang yang memanfaatkan vaksinasi COVID-19 gratis tersebut," katanya.

Layanan vaksinasi COVID-19 gratis yang dilakukan KAI, ujarnya, merupakan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan setempat.

Kebijakan itu, ujar dia, bertujuan mendukung program vaksinasi COVID-19 pemerintah khususnya pada angkutan Lebaran 2022.

Mahendro mengakui KAI sesuai peraturan pemerintah memberlakukan aturan untuk calon penumpang mudik dan balik Lebaran 2022

Calon penumpang yang sudah divaksin ketiga, misalnya tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen, tambahnya. .

"Program vaksinasi COVID-19 gratis menjadi salah satu pendorong kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2022," ujar Mahendro.

Total jumlah penumpang arus mudik dan balik Lebaran KAI Sumut periode 22 April -13 Mei 2022 di atas target perusahaan itu atau mencapai 158.379.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022