Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, mendukung penuh rencana pembangunan kantor Konsulat Amerika Serikat (AS) dengan menginvestasikan sekitar 250 juta Dolar AS di Jalan Mongonsidi Medan.

"Berkoordinasi langsung, jika ada kendala. Seluruh OPD kita sudah diinstruksikan oleh Pak Wali Kota Medan," ujar Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman di Medan, Jumat.

Hal itu ditegaskannya usai menerima kunjungan Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera Gordon Church di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan.

Pada prinsipnya, lanjut dia, pembangunan gedung baru Konsulat AS tidak perlu dikhawatirkan dengan berbagai kendala, karena sesuai izin Pemkot Medan akan membantu dan mempermudah.

Untuk diketahui, Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y Kim usai "soft launching" tahun lalu mengatakan pembangunan gedung baru kantor Konsulat AS di Jalan Mongonsidi itu memakan waktu tiga hingga empat tahun.

"Proses dari perizinan ini juga harus kita jalani. Mekanisme dan proses membuat suatu gedung dan segala macam dijalani. Insya Allah kita akan bantu," terang Aulia.

Baca juga: DPRD Medan dorong pendataan ulang penerima dana atas jasa pelayan masyarakat

Wakil wali kota juga berharap adanya kantor Konsulat AS di Kota Medan ini, maka bisa berkolaborasi untuk kepentingan generasi masa depan berbentuk pendidikan maupun keilmuan terbaru, seperti dunia digital.

"Saat ini Medan butuh perubahan yang signifikan. Mungkin kami bisa transfer ilmu mulai sisi ekonomi, kebudayaan maupun pariwisata dengan kolaborasi satu daerah," jelas Aulia.

Konsul AS untuk Sumatera, Gordon Church, mengapresiasi atas dukungan Pemerintah Kota Medan terkait proses pembangunan gedung baru tersebut.

"Terimakasih atas dukungan pak Wakil Wali Kota Medan, kami menantikan kerja sama yang menyenangkan untuk proses pembangunan gedung nanti," kata Gordon.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022