Kapal Motor (KM) Kelud, salah satu armada laut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dijadwalkan membawa penumpang arus balik di Belawan, Kota Medan pada Kamis (5/5).

"Sejak kemarin KM Kelud 'stay' di sini hingga 5 Mei. Pada hari itu KM Kelud berlayar lagi di rute normal," ujar Ketua Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2022 Pelabuhan Utama Belawan, Fourmansyah di Medan, Senin.

Di rute normal tersebut, lanjut dia, KM Kelud melayani pelayaran dari Terminal Penumpang Bandar Deli di Belawan - Tanjung Balai Karimun - Batam - Tanjung Priok di Jakarta pergi pulang.

Kapal laut setinggi 32 meter dengan panjang 22 meter ini memiliki kapasitas penumpang secara keseluruhan, yakni 2.607 orang dengan berlayar mengarungi lautan lepas.

Data Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2022 Pelabuhan Utama Belawan tercatat jumlah pemudik total 12.923 orang terdiri dari penumpang tiba 10.461 orang dan berangkat 2.462 orang.

"Insya Allah, KM Kelud normal seterusnya. Nanti dari (Tanjung) Priok balik ke Batam, lalu Tanjung Balai Karimun hingga Belawan. Hari Senin tiba di Belawan, dan Selasa berangkat lagi," kata Fourmansyah.

Kepala PT Pelni Cabang Medan, Agus Nugroho, mengatakan persyaratan arus balik kapal laut sama seperti kendaraan umum lainnya harus sudah vaksin pertama hingga ketiga tidak perlu tes usap antigen.

"Untuk penumpang vaksinasi kedua, cuma perlu tes usap antigen. Namun, bila masih vaksin pertama, maka wajib PCR," tegasnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022