Wali Kota Medan Bobby Nasution melepas keberangkatan 3.491 warga mengikuti program mudik bareng Pemkot Medan ke 13 daerah di Provinsi Sumut guna merayakan Lebaran tahun ini.

"Kegiatan ini tanpa menggunakan APBD. Ini kerja sama antar OPD Pemkot Medan, unsur Forkopimda seluruh 'stakeholder', pelaku usaha, industri dan Bank Sumut. Mereka kita ajak untuk hadir di tengah-tengah masyarakat," ungkap Bobby di Medan, Jumat.

Pernyataan itu diberikannya usai melepas 3.491 pemudik dengan didampingi unsur Forkopimda, "stakeholder", dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Medan di Jalan Pulau Pinang, Medan.

Dua tahun terakhir, lanjut dia, belum pernah lagi masyarakat Kota Medan merasakan mudik untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman guna merayakan Lebaran atau Idul Fitri.

Wali kota mengatakan, padahal Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau tahun ini merupakan momen luar biasa bagi umat muslim, karena itu Pemkot Medan menggelar kegiatan mudik tahun ini.

"Sampaikan salam Pemkot Medan, dan seluruh unsur Forkopimda, 'stakeholder' kepada keluarga di kampung. Mudah-mudahan Ramadhan dan Idul Fitri menjadikan kita insan bertaqwa dan manusia yang bermanfaat," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Medan pastikan stok bahan pokok aman jelang Lebaran

Adapun 13 daerah tujuan di Sumut meliputi Medan - Gunungtua, Medan - Kotapinang, Medan - Palas, Medan - Rantauparapat, Medan - Natal, Medan - Padangsidempuan, Medan - Panyabungan, Medan - Parapat, Medan - Sipirok, Medan - Tarutung, Medan - Sibolga, Medan - Sidikalang, Medan - PakpakBarat

"Tradisi ini kental dengan semangat silaturahim yang erat. Silaturahim yang erat bisa menjadikan wilayah kita kuat, baik Medan, Sumatera Utara, negara kita," kata Wali Kota Bobby.

Ketua Panitia Program Mudik Bareng Pemkot Medan, Benny Iskandar, melaporkan program ini berlangsung tiga hari yakni 29 dan 30 April, serta 1 Mei 2022 bersamaan peringatan Hari Buruh.

Sasaran program ini yakni buruh, pekerja, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat di Kota Medan dengan total armada sebanyak 125 unit bus terdiri dari 68 bus besar, satu bus sedang, dan 56 bus kecil.

"Hari ini Pemkot Medan memberangkatkan 1.250 pemudik menggunakan 25 bus besar dan 20 bus kecil. Pada Sabtu (30/4), sebanyak 1.575 pemudik dengan 27 bus besar, satu bus sedang, dan 29 bus kecil," katanya.

"Sedangkan Minggu (1/5), sebanyak 666 pemudik dengan 16 bus besar dan tujuh bus kecil," terang Benny yang juga menjabat Kepala Bappeda Kota Medan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022