Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Wakil Bupati Martua Sitanggang memaparkan capaian kinerja satu tahun memimpin Kabupaten Samosir sejak dilantik pada 26 April 2021.

Capaian kinerja yang disampaikan meliputi 10 program unggulan di antaranya tenaga medis yang handal dengan peningkatan SDM tenaga medis melalui tugas belajar untuk 12 orang medis dan 105 izin belajar. 

Peningkatan kemampuan guru, inisiasi sekolah vokasi/akademi komunitas melalui metode pelatihan kantor sendiri bagi tutor PAUD, tenaga pendidik dan kependidikan jenjang SD, SMP yang dilatih oleh tenaga pelatih yang berkompetensi.

Kemudian pemberian bea siswa untuk siswa SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi sebanyak 1.986 pelajar/mahasiswa sebesar Rp1,45 M sampai April 2022. Sedangkan untuk BPJS gratis, Bupati Samosir telah menyerahkan 10.030 kartu BPJS. 

Dalam kesempatan itu ia juga memaparkan  saat ini pihaknya melaksanakan program Bunga Desa (Bupati dan Wakil Bupati berkantor di Desa) dengan membawa pelayanan langsung kepada masyarakat.

Pelayanan tersebut berupa pengurusan dokumen kependudukan, pelayanan kesehatan gratis dan vaksinasi, penyuluhan KB dan stunting, pemberian bantuan pendidikan, penyerahan Kartu Indonesia Sehat serta pembuatan pupuk organik.

Selama pelaksanaan program Bunga Desa di Desa Sabulan, Salaon Tonga-tonga dan Desa Parhorasan telah diselesaikan 1.382 kasus masalah kebutuhan masyarakat secara langsung.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dan masukan segenap unsur pemangku kepentingan  yang ada di Kabupaten Samosir demi kemajuan Kabupaten Samosir ke depan," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022