Kapolda Sumut Irjen Pol RZ.Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi lakukan pengecekan kesiapan PT.KAI di Stasiun KA Tebing Tinggi menghadapi arus mudik Idul Futri 1443 H, Senin (25/4).

Kapolda, Pangdam I BB dan Gubernur dan rombongan juga meninjau kesiapan pos pengamanan bagi penumpang arus mudik distasiun KA Tebing Tinggi yang dipersiapkan Polres Tebing Tinggi 

Rombongan Forkopimda Sumut ini disambut Kapolres Tebing Tinggi AKBP M.Kunto Wibisono dan Kepala Stsiun PT.KAI Tebing Tinggi Suhendra Ginting dan jajaran. 

Pada kesempatan tersebut Gubsu mempertanyakan kesiapan apa saja oleh PT.KAI dan persyaratan yang harus dipenuhi penumpang yang menggunakan transportasi KA dalam arus mudik. 

Baca juga: Sekda Tebing Tinggi ikuti peringatan OTDA 2022

Kepala Stasiun KA Tebing Tinggi  Suhendra Ginting menyatakan pihaknya sudah menerapkan Sesuai dengan Protokol kesehatan dari gugus tugas penanganan COVID-19 mulai tgl 05 Aplil 2022.

Dalam persyaratan perjalanan menggunakan transportasi Kereta Api ada 2 kriteria. Jarak jauh di wajibkan harus sudah melakukan vaksin lengkap (Vaksin Booster).

Apabila vaksin ke tiga belum, agar dilakukan swab antigen yang telah disediakan oleh pihak PT. KAI bekerja sama dengan RS Segar Waras dengan jam operasional mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB. 

Sistem lokal (jarak dekat) minimal vaksin 1 melalui sistem boarding yaitu pengecekan identitas penumpang melalai Nomor NIK untuk mengetahui vaksin berapa namun tetap melakukan cek fisik dan meminta penumpang untuk  mendowlod aplikasi Peduli Lindungi.

Kapolda Sumatera Utara mempertanyakan apa yang telah dilakukan oleh Polres Tebing Tinggi dalam menyambut arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di Wilayah hukum Polres Tebing Tinggi 

Kapolres Tebing Tinggi menyampaikan bahwa pihak Polres Tebing Tinggi telah membentuk dan mendirikan Pos Pelayanan di Stasiun PT. KAI dan Pos Pelayanan tempat wisata (pemandian alam Kec. Sipispis Kab. Sergai).

Mendirikan Pos Pengamanan terkait melakukan monitor kemacetan arus lalulintas serta kejahatan jalanan menjelang perayaan hari raya idul Fitri 1443 H di Wilkum Polres Tebing tinggi 

Pos Pengamanan Desa Binjai, Pos Pengamanan Dolok Merawan Pos Pengamanan Terminal Bandar Kajum (Eks. PoS PJR)  Serta mendirikan Pos Terpadu (Sim. Beo).

Jumlah Personel Polres Tebing Tinggi yang dilibatkan dalam Ops. Ketubat Toba 2022, sebanyak 200 Personil Polres Tebing Tinggi. 

 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022