Pemerintah Kabupaten  Samosir, Sumatera Utara, menyiapkan pelayanan terbaik untuk menyambut wisatawan yang datang ke daerah itu terutama pada libur Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom di Pangururan, Ibu Kota Kabupaten Samosir Rabu, mengatakan pihaknya menginstruksikan jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menyambut para wisatawan yang berkunjung ke Samosir.

"Dalam hal ini tenaga kesehatan dan petugas vaksinasi untuk ditempatkan di pintu-pintu masuk utama menuju Kabupaten Samosir," katanya terkait digelarnya Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2022.

Baca juga: Pemkab Samosir dukung penuh segala kegiatan sosialisasi anti narkoba

Lebih lanjut bupati mengatakan, kepada BPBD juga diminta untuk dapat memetakan daerah-daerah rawan bencana dan langkah antisipatif yang perlu dilakukan.

Terkait penyeberangan via danau, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan agar seluruh stakeholder terkait dapat terus berkordinasi dan menyiapkan tim SAR dan kapal patroli.

"Untuk menjaga stok dan harga-harga bahan pangan, bupati menekankan agar Dinas Nakerkoperindag terus melakukan monitoring di lapangan. Jika terjadi kelangkaan dan kenaikan harga agar langsung dikoordinasikan kepada provinsi," katanya.

Untuk mengantisipasi kenaikan dan lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Samosir, Bupati meminta kepada pemilik/pengelola tempat wisata dan hotel untuk menyiapkan sarana cuci tangan dan spanduk imbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk juga tempat-tempat sampah di objek-objek wisata.

"Mari kita sama-sama bersinergi, semoga libur lebaran kali ini kita dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan masyarakat yang berlibur ke Samosir mendapat kesan yang baik dan rasa aman dan nyaman sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," demikian Vandiko T. Gultom.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022