Bangunan bronjong penahan badan jalan provinsi di Desa Sibadoar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sepanjang lebih kurang 12 meter yang sempat amblas sudah selesai diperbaiki.

"Arus lalu lintas yang menghubungkan Sipirok - Simpang Tandosan juga sudah lancar," kepala UPT Jalan Jembatan Padang Sidempuan - Tapsel, Hasian Dasopang kepada ANTARA, di Sipirok, Minggu (17/5).

Dikatakannya bronjong penahan badan jalan itu sempat amblas pada 14 Januari 2022, namun tiga hari setelah kejadian atau 17 Januari 2022 langsung diperbaiki dengan konstruksi bronjong baru dengan volume 100 M3.

"Setelah itu pada 19 Maret 2022 amblas lagi akibat erosi, dan kemudian pada 26 Maret 2022 dilakukan perbaikan dengan konstruksi turap kayu diameter 20 centimeter atau sebanyak 120 batang dengan sistem timbun," jelasnya.

Upaya perbaikan bronjong tersebut, menurut Dasopang, tidak lepas perhatian Pemerintah untuk memberikan kenyamanan berlalu lintas bagi masyarakat luas khususnya yang berkendaraan.

Di sisi lain, Dasopang menyinggung, Pemprov Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2022 juga akan membangun sepanjang 22,4 Kilometer (Km) jalan di Tapanuli Selatan.

Tambah bangunan saluran drainase sepanjang 4.000 meter atau 4 Km, yang dikerjakan dengan sistem multy years kontrak atau tahun jamak kurun waktu 18 bulan dan diperkirakan mulai dijamah Mei 2022 hingga tahun 2023.

Titik yang akan dibangun tersebut seperti ruas Sipirok- Simpang Tandosan sepanjang 6 Km dengan pagu Rp34,2 miliar termasuk di dalamnya terdapat penanganan permanen beton penahan jalan di Desa Sibadoar. Ruas ini merupakan penghubung Kecamatan Sipirok - Kecamatan Arse dan Saipar Dolok Hole di Tapsel.

"Selanjutnya ruas simpang Tandosan-Simangambat-Sipagimbar sepanjang 1,4 Km dengan pagu anggaran Rp7,98 miliar. Merupakan akses penghubung Kecamatan Arse-Kecamatan  Saipar Dolok Hole-Kecamatan Aek Bilah di Tapsel dengan Kecamatan Dolok di Kabupaten Padang Lawas Utara," katanya.

Lalu ruas Sipagimbar-Tolang-Batas Paluta sepanjang 12 Km anggaran Rp68,8 M. Merupakan penghubung Kecamatan Saipar Dolok Hole dan Aek Bilah di Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Kecamatan Dolok di Kabupaten Padanglawas Utara.

Ada lagi ruas jalan Sipenggeng -Marancar-Sipirok sepanjang 3 Km dengan pagu anggaran Rp17,1 M. Menghubungkan Kecamatan Batangtoru dengan Kecamatan Marancar dan Sipirok di Tapsel. Koridor ini merupakan akses ke kawasan pemukiman dan sentra industri di Tapsel. 

“Pembangunan saluran drainase 4 Km dengan anggaran Rp2,64 miliar untuk tiga koridor Jalan Provinsi yang ada di Tapsel sehingga total pagu anggarannya sebesar Rp126 miliar lebih,” katanya.

 
Bronjong penahan badan jalan Provinsi Sumatera Utara di Desa Sibadoar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan yang baru saja selesai diperbaiki (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022