Harga komoditas sayuran terutama jenis cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara menjelang Ramadan bergerak turun dan persediaan barang cukup melimpah.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA di Pasar Tradisional Petisah Medan, Senin, cabai merah rata-rata dijual Rp40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp55 ribu. Kemudian, cabai rawit turun dari sebelumnya Rp40 ribu kini dijual seharga Rp30 ribu per kilogram.
 
Menurut Nur, salah satu pedagang mengatakan bahwa penurunan harga komoditas cabai ini sudah terjadi sejak tiga hari belakangan ini. 
 
"Udah tiga hari ini turun harganya," ujarnya.
 
Nur menyebut bahwa harga cabai sempat melonjak hingga Rp60 per kilogram pada pekan lalu karena stok barang yang menipis. Namun, menjelang bulan Ramadan ini, justru stok cukup melimpah dan harga bergerak turun.
 
"Kalau tahun lalu, seminggu menjelang Ramadhan pasti harganya tinggi. Tahun ini malah turun," katanya.
 
Harga komoditas sayuran lainnya, seperti bawang merah justru naik dari sebelumnya Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih naik dari Rp20 ribu menjadi Rp28 ribu.
 
Sementara itu, untuk komoditas kacang dijual tetap stabil Rp25 ribu per kilogram, kentang Rp10 ribu per kilogram, tomat Rp10 ribu per kilogram.
 
Menurut dia, harga bumbu dapur ini diperkirakan akan kembali naik beberapa hari menjelang Ramadhan, karena kebutuhan konsumen yang mengalami peningkatan.
 
"Mungkin tiga hari menjelang Ramadhan bisa melonjak harganya," katanya.
 
Sementara itu, seorang ibu rumah tangga bernama Uti mengaku bersyukur karena harga berbagai cabai mengalami penurunan.
 
"Apalagi mau puasa kan, bersyukur sekali turun begini," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022