Gerak cepat Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Langkat, H Syah Afandin SH berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya ke Kementerian PUPR terkait mengupayakan berlanjutnya pembangunan jembatan Sei Wampu, serta perbaikan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Langkat.

Terbukti, Selasa (22/3), di Stabat, Syah Afandin menerima kunjungan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara.

Sebab proyek pembangunan jembatan Sei Wampu Kecamatan Stabat ini, yang sebelumnya tertunda selama lebih dari lima tahun yang di mulai pada tahun 2016, sekarang sudah dimulai lagi untuk tahap penyelesaian pembangunan, bahkan direncanakan rampung di akhir tahun 2022.

Hal itu disampaikan pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) saat melakukan pertemuan dengan Plt Bupati Langkat.

Plt Bupati Langkat di kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas respon cepat pihak Kementerian PUPR, dari hasil koordinasi dan loby pihaknya dengan BBPJN Sumut untuk segera menyelesaikan pembangunan jembatan yang menghubungkan jalan lintas Sumut-Aceh. 

"Terimakasih banyak atas respon cepat BBPJN Sumut dan prioritas yang diberikan oleh Kementerian PUPR," sebutnya. 

Plt Bupati Langkat, meyakini selesainya pembangunan jembatan Sei Wampu yang sebelumnya telah menjadi isu nasional ini memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi (kecepatan transportasi). 

"Jembatan itu sering terjadi macet, apalagi saat hari besar seperti Idul Fitri. Jadi jembatan yang baru ini akan memberikan kenyamanan pengendara yang terhindar dari kemacetan. Termasuk peningkatan ekonomi pada kecepatan transportasi ekspedisi," terangnya. 

Syah Afandin juga menjelaskan, bahwa Jalan Lintas Sumatera khususnya Jalan dari Tanjung Pura menuju Stabat sudah dalam proses perbaikan, sehingga lubang-lubang yang ada sedang dalam proses penambalan. 

"Dalam tahun ini juga Jalan lintas Sumatera mulai dari perbatasan Aceh sampai perbatasan Binjai sedang dalam proses lelang anggaran sebesar Rp 173 Miliar dengan panjang penanganan jalan sepanjang 39,5 kilometer, berupa perbaikan dan peningkatan Jalan (Overlay) aspal hotmix.

"Kita doakan semoga proses lelang berjalan lancar dan projek perbaikan jalan ini segera terlaksana secepatnya, dan" ungkapnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022