Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan bersama Balai Benih Induk Hortikultura (BBIH) Kuta Gadung, melakukan panen perdana kentang varietas Granola L (Lembang) di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini di Medan, Selasa, mengatakan, Kabupaten Karo merupakan salah satu kabupaten kentang terbesar di Sumateta Utara. 

Pengembangan kentang sangat diperlukan terutama untuk meningkatkan produktivitas dan memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri maupun ekspor. 

"Di situlah peran mahasiswa Polbangtan sebagai petani milenial ikut serta membantu pemerintah sebagai penggerak dan pendukung program Kementan di era 4.0 saat ini," katanya. 

Ia mengatakan, kentang jenis Granola adalah produk dari subsektor hortikultura dan banyak dibudidayakan di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Karo. 

Bulan Maret merupakan masa panen, produksinya berlimpah dan siap disalurkan untuk memenuhi pasar domestik dan tujuan ekspor. 

Peningkatan produktivitas kentang, lanjut dia, terus dilakukan kementerian pertanian dalam upaya mendukung program diversifikasi pangan. 

Pengadaan benih kentang bermutu pun diupayakan khususnya bagi sentra produksi kentang seperti Kabupaten Karo di Sumatera Utara dan daerah lain di Indonesia. 

"Upaya Kementerian Pertanian pun membuahkan hasil. Polbangtan bersama BBIH Kuta Gedang melakukan panen perdana kentang varietas Granola di Karo," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022