Sebanyak 307 atlet binaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Medan menjalani tes kesehatan dan fisik di Stadion Teladan, Medan, Minggu dan agenda tersebut merupakan bagian dari persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara (Sumut).

"Proyeksi jangka pendek atlet adalah untuk Porprov November nanti," kata Ketua Umum KONI Medan, Eddy H Sibarani.

Eddy mengatakan, bahwa pandemi COVID-19 selama dua tahun belakangan ini, membawa pengaruh bagi kondisi atlet. Sehingga perlunya upaya peningkatan kondisi fisik dan kesehatan atlet tersebut untuk mendorong raihan prestasi.

“Fokus utama kita pada tes fisik dan kesehatan atlet ini pada VO2 Max. Karena dari segi teknis, mereka atlet-atlet yang sering bertanding. Jadi, tes fisik dan kesehatan ini kita harapkan peningkatan stamina untuk ke depannya dilakukan perbaikan,” katanya menambahkan.

Baca juga: KONI Medan optimistis mendominasi Porprovsu 2022

Sementara Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengatakan, pihaknya ingin atlet-atlet Kota Medan untuk terus menunjukkan dominasi di arena Porprov Sumut 2022 dengan tetap mempertahankan gelar juara umum sembari membuat rekor di arena olahraga.

“Saya yakin, tahun ini Medan juara umum lagi. Namun, saya ingin juara umum kali ini dengan membuat rekor baru dalam mencapai kemenangan-kemenangan selanjutnya,” katanya.

Bobby juga tegaskan, dengan raihan prestasi Kota Medan di olahraga kiranya bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional.

“Saya selaku Wali Kota Medan, Pemerintah Kota Medan juga masyarakat Kota Medan sudah mengetahui kalau Kota Medan yang diwakili atlet-atlet ini, selalu menjadi juara umum di tingkat provinsi. Namun ini tidak bisa kita jadikan patokan, tidak bisa terus berpuas diri. Karena sebagai ibu kota, baik cara kita berlatih dan fasilitas berlatih tentu lebih baik dari daerah lain,” katanya menambahkan.

“Namun saya ingatkan kepada atlet atau pelatih, kalau menang sudah biasa. Carilah rekor baik bagi diri sendiri, bagi Kota Medan dan provinsi Sumatera Utara hingga bangsa Indonesia. Jadikan kemenangan itu yang pertama atau kemenangan yang membuka lembaran baru atau rekor baru," pungkas menantu Presiden Joko Widodo itu.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022