Pengurus Provinsi National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara akan memaksimalkan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) jangka panjang sebagai persiapan menuju Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) 2024.
 
Menyisakan dua tahun lagi sebelum Peparnas, tentu bukan waktu yang lama bagi NPC Sumut untuk mempersiapkan atlet terbaik yang akan mewaliki Sumut. Namun, dengan program yang maksimal diharapkan dapat meningkatkan performa atlet.
 
Hal itu disampaikan Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting saat rapat koordinasi dengan jajaran pejabat Dispora Sumut, di Ruang rapat Disporasu, Jumat (11/3/2022). Dihadapan Kadispora Sumut, Ardan Noor, dikatakan Alan pelatda jangka panjang akan dimulai dalam waktu dekat.

Baca juga: Pemkot Binjai beri tali asih atlet NPC berprestasi di Peparnas 2021
 
"Tahun 2022, NPC Sumut dalam waktu dekat akan mengadakan pelatda jangka panjang menuju Peparnas 2024. Mudah – mudahan bisa maksimal menjelang Peparnas nanti,” ujar Alan.
 
Para atlet yang akan menjadi prioritas mengikuti program pelatda jangka panjang adalah  mereka yang sebelumnya tampil di Peparnas 2021 Papua. Hal ini juga mengacu pada anggaran yang dikucurkan pemerintah pada APBD 2022 ini, hanya bisa dimaksimalkan untuk beberapa atlet dan pelatih.
 
"Tahun 2022 ini, NPC Sumut mengajukan anggaran Rp22 Miliar. Jumlah itu untuk persiapkan atlet dengan maksimal menuju Peparnas 2024. Makanya kita akan persiapkan atlet sebanyak mungkin dan tentunya yang berkualitas. Tapi yang disetujui hanya Rp3 miliar.Anggaran Rp3 miliar ini hanya bisa mengakomodir untuk atlet berprestasi di Peparnas 2021. Kalau anggaran Rp3 miliar ini sangat berat bagi kami untuk merekrut atlet lagi. Karena persiapan kami tahun ini juga ada ASEAN Para Games di Solo dan Asian Para Games di Hangzhou,” ucap Alan.

Meski begitu, Alan tetap akan memaksimalkan anggaran APBD yang dikucurkan tahun ini dengan sebaik mungkin. Termasuk mengintruksikan seluruh NPC kabupaten dan kota untuk mulai menjaring atlet terbaiknya. Alan juga berharap agar yang pengajuan anggaran yang belum terealisasi di APBD murni, bisa dipenuhi di anggaran P-APBD 2022.
 
“Kita selama ini juga langsung jemput bola ke NPC kabupaten dan kota agar mereka bisa merekrut atlet terbaik di daerah. Setelah terjaring atlet terbaik, mereka akan kita TC kan ke Medan untuk persiapan jangka panjang menuju Peparnas 2024,” jelasnya.
 
Sementara Kadispora Sumut, Ir Ardan Noor menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bahwa mulai tahun 2022, baik KONI dan NPC diintruksikan untuk fokus pada Talent Scouting menuju PON- Peparnas 2024. Menurut Ardan, Talent Scouting dinilai lebih selektif menjaring atlet potensial, ketimbang melaksanakan kejuaraan atau turnamen (event).
 
"Tahun ini bapak gubernur sudah fokuskan agar bisa memaksimalkan ke talent scouting. Maksimalkan talent scouting dulu, tapi jangan dulu turnamen. Kita akan mensupport tentunya yang menjadi wewenang kami. Kami tidak masuk dalam wilayah materil. Tapi, kami hanya menjamin bahwa anggaran yang kami kucurkan itu sesuai yang diminta. Itu saya rasa juga sudah maksimal,” jelas kadispora.
 
Ardan juga mengingatkan kepada NPC untuk bisa memaksimalkan bantuan APBD yang dikucurkan tahun ini, dan jangan sampai terjadi SILPA. Begitupun pihaknya akan berupaya bisa kembali menganggarkan pengajuan NPC yang belum terealisasi di P-APBD.  " Apa yang sudah dianggarkan itu mohon dimaksimalkan dulu. Pastikan itu tidak ada lagi SILPA. Kalau memang nanti masih terbuka ada penambahan di P-APBD, kita pasti akan anggarkan,” janji Ardan.
 
Dalam rapat koordinasi tersebut, NPC Sumut juga memaparkan saat ini ada 24 atlet yang masih berada di Pelatnas untuk persiapkan diri menghadapi ASEAN Para Games 2022 di Surakarta, Jawa Tengah yang dimulai 20-31 Juli. Selanjutnya akan mewakili Indonesia di Asian Para Games di Hangzhou, Cina. Selain mengikuti kalender event internasional, dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan pelantikan Pengurus NPC Sumut periode 2022-2027. Dalam rapat koordinasi tersebut Alan didampingi jajaran pengurus, diantaranya Suliadi (sekretaris), Rima (bendahara), Suprayetno (Kabid Binpres), dan jajarannya. 
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022