Pemkab Dairi, Sumatera Utara, melakukan koordinasi dengan Direksi PT Bank Sumut untuk ikut bersama-sama memberikan pendampingan kepada ribuan pelaku usaha aktif di Kabupaten Dairi. 

"Hari saya menemui manajemen di PT Bank Sumut untuk ikut bersama melakukan pendampingan kepada ribuan pelaku usaha di Dairi. Kami juga meminta Bank Sumut untuk mendukung program e-katalog yang segera diresmikan," kata Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu di Medan, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya berharap ke depan pelaku UMKM di Dairi bisa mandiri dan naik kelas dengan memperluas jaringan dan pemasaran, dan untuk itu tentunya dibutuhkan pendampingan dari semua pihak.

"Nantinya jika UMKM naik kelas, tentu pelaku usaha bisa memasarkan produk unggulannya melalui e-katalog. Dari Dairi banyak produk UMKM yang dijual seperti kopi, tenun ulos, coklat dan produk lain," katanya. 

Eddy mengatakan, pertemuan dengan manajemen Bank Sumut di Medan juga membahas program tindak lanjut bapak Presiden Jokowi tentang e-katalog lokal. 

"Dalam hal ini Pemda Dairi bergerak cepat menindaklanjutinya. Pemda Dairi sedangkan menyiapkan pokja e-katalog yang nantinya bisa memasarkan produk-produk lokal," ucapnya. 

Sementara Pemimpin Divisi Ritel PT Bank Sumut, Syafrizalsyah, mengatakan, apa yang disampaikan Bupati Dairi tersebut akan disampaikan ke jajaran Direksi Bank Sumut untuk untuk dibahas bersama-sama. 

Demikian juga mengenai bantuan modal dan pendampingan usaha akan ditindaklanjuti. Pada intinya kata Syafrizalsyah, Bank Sumut siap membantu program kabupaten kota terutama selaras dengan program pusat. 

"Kita mendukung, kami sangat tertarik dengan pemaparan Bupati Dairi tentang Dairi Unggul Entrepreneur College. Semoga program ini segera terwujud," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022