Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, memaksimalkan pelayanan penanganan pasien COVID-19 dengan terus melengkapi sarana pendukung kesehatan.

Direktur RSUD Sidikalang dr Pesalmen Saragih di Sidikalang, Jumat, mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan dua ruangan isolasi sementara di IGD sebelum pasien diputuskan dirawat atau isolasi mandiri.

"Petugas ruangan isolasi yang berjumlah 25 orang telah kembali bekerja sesuai jadwal setelah mereka menjalani isolasi mandiri dan siap melayani. Petugas isolasi juga telah berhasil membantu persalinan di ruang isolasi sebanyak 9 orang," katanya.

Selain itu, RSUD Sidikalang sudah mempunyai oksigen generator yang mampu membantu ketersediaan oksigen sebanyak 5-6 tabung per hari.

Selanjutnya, setelah mendapatkan bantuan 2 kali dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara beberapa alat kesehatan , obat-obatan dan alat pelindung diri (APD), saat ini di RSUD Sidikalang telah tersedia obat-obatan penanganan covid-19 untuk 500 orang pasien. Sedangkan untuk APD petugas dengan estimasi cukup untuk 4 bulan ke depan.

Ia mengatakan, saat ini rumah sakit sedang mempersiapkan ruang operasi yang bertekanan negatif agar segera dapat dipergunakan untuk pasien-pasien yang terkonfirmasi COVID-19 dapat dilakukan tindakan operasi di RSUD Sidikalang.

"Semoga RSUD Sidikalang dapat terus berbenah dalam penanganan pasien khususnya pasien COVID-19 menuju Dairi Sehat dan Dairi Unggul," katanya.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022