Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menggelar Gebyar Vaksinasi secara serentak di 17 kecamatan sebagai upaya mewujudkan kekebalan kelompok.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya di Seirampah, Serdang Bedagai, Selasa, mengatakan vaksinasi dilaksanakan sejalan dengan arahan Presiden untuk meningkatkan protokol kesehatan (prokes) dan capaian vaksinasi.

"Presiden berulang kali menekankan pentingnya vaksinasi dalam menghadapi pandemi, terutama pasca munculnya varian Omicron. Dengan angka capaian vaksinasi masyarakat yang tinggi, kekebalan kelompok bisa terwujud," katanya.

Ia mengatakan Gebyar Vaksinasi itu mencakup seluruh tahapan vaksinasi baik dosis I, II maupun III.

Dirinya menginformasikan, di hari pertama pelaksanaan vaksin sehari sebelumnya, Senin (21/2), 7.768 orang telah divaksinasi.

"Dari data pelaksanaan di hari pertama, didapati fakta jika mayoritas vaksinasi menyasar vaksin II dan booster. Jika dirinci, peserta vaksin I sebanyak 680 orang, vaksin II 3.835 dan terakhir vaksin booster mencapai 3.253 orang," katanya.

Baca juga: TPAKD Serdang Berdagai siapkan berbagai terobosan perluas akses keuangan

Ia menambahkan pelaksanaan vaksinasi ini tidak terlepas dari sinergi banyak pihak, terutama Forkopimda. Sinergi ini, sebutnya, mampu secara signifikan meningkatkan angka keterlibatan masyarakat.

Ia juga memberi apresiasi kepada para aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Serdang Bedagai yang telah bertindak sebagai garda terdepan dalam menyukseskan program vaksinasi itu.

Dia mengatakan, seperti pada Grebek Dahsyat, dirinya juga kembali melibatkan ASN untuk menjaring masyarakat yang ingin divaksin.

"ASN jangan hanya memberi contoh, tapi harus menjadi contoh, termasuk dalam hal vaksinasi ini. Dimulai dari dirinya sendiri, keluarga, anak, kerabat, dan lain sebagainya. Jika ASN sudah memberikan contoh baik lewat tindakan, maka diharapkan masyarakat juga bisa percaya dan ikut menjalani vaksinasi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022