Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Medan menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-55 tingkat Kota Medan meningkat dari segi kualitas dan kuantitas dibanding tahun lalu.

"Terjadi peningkatan signifikan baik kualitas maupun kuantitas. Seperti tahun lalu total peserta sekitar 500 orang, namun tahun ini peserta mencapai 600 orang lebih," ujar Ketua LPTQ Kota Medan, Palid Muda Harahap di Medan, Senin.

Selain itu, lanjut dia, kemampuan peserta MTQ tahun ini juga semakin baik dari tahun sebelumnya, dan pihaknya yakin mereka bisa menampilkan yang terbaik di MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Pelaksanaan MTQ ke-55 tingkat Kota Medan saat ini tengah berlangsung di Medan Belawan, dan masing-masing peserta menampilkan kemampuan terbaik hingga 25 Februari 2022.

Pihaknya juga mengingatkan para peserta agar mengikuti perlombaan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Ikuti aturan perlombaan yang ada, dan patuhi protokol kesehatan. Karena kita tidak ingin penyelenggaraan MTQ tahun ini menjadi kluster penularan COVID-19," terang Palid Muda.
 
Sama seperti hari pekan lalu, peserta yang mengikuti MTQ ke-55 tingkat Kota Medan dibagi di tiga lokasi, yakni Gedung OB Sya'af Lantamal I Belawan, Kantor Camat Medan Belawan dan Sekolah SMK Muhammadiyah-04.

Cabang yang diperlombakan di Gedung OB Sya'af Lantamal I Belawan meliputi Seni Baca Al-Qur'an Golongan Tilawah Dewasa dan seni kaligrafi Al-Qur'an, sedangkan Kantor Camat Medan Belawan sendiri Qira'at Mujawad Dewasa Putra dan putri.

Di SMK Muhammadiyah-04 cabang Tiwalah Anak-anak Putra dan Putri, Qira'at Murattal Dewasa, Hafalan 10 juz dan 20 juz, Tafsir Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dan Fahm Qur'an, Syarh Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an, dan hafalan 500 hadist tanpa sanad.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022