Pemkab Dairi, Sumatera Utara, memperbaiki sejumlah jalan rusak di beberapa lokasi sebagai upaya meningkatkan akses transportasi masyarakat khususnya dari desa ke kota.

Kepala Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi, Masaraya Berutu, di Sidikalang, Jumat, membenarkan saat ini pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang PUTR memperbaiki sejumlah ruas jalan di Kecamatan Tanah Pinem, di antaranya di Desa Mangan Molih di Simpang Renun- Namo Sanggar, dari Desa Lau Njuhar-Liang Jerring dan akan sampai ke Alur Subur.

"Saat ini alat berat bekerja di Tanah Pinem. Ada alat berat PUTR dan BPBD. Alat berat ini diturunkan untuk memperbaiki dan meratakan jalan-jalan yang berlubang," katanya.

Ia mengatakan perbaikan jalan ini dilakukan sebagai tindak lanjut kunjungan Bupati Dairi ke Tanah Pinem seminggu lalu.

“Ini adalah bentuk respons Bupati Dairi atas permintaan warga. Pada saat kunker (kunjungan kerja) itu masyarakat meminta jalan segera diperbaiki,” kata dia.

Baca juga: Pemkab Dairi minta Perumda Lae Nciho tingkatkan pelayanan air bersih

Untuk Alur Subur, ia mengatakan diperkirakan akan selesai satu bulan ke depan.

Selain perbaikan jalan, saat ini dilakukan normalisasi jalan dimulai dari Simpang Renun-Namo Sanggar-Lau Njuhar-Liang Jering-Alur Subur yang meliputi Desa Mangan Molih.

"Pada hari Senin (14/2) BPBD bersama PUTR melakukan survei pekerjaan minor berupa penempatan gorong-gorong baja. Saat ini ekskavator sudah berada di Simpang Renun untuk memulai pekerjaan normalisasi atau perbaikan trase,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Dairi Hotmaida Dina Butarbutar mengatakan perbaikan jalan dilakukan sebagai tindak lanjut kunjungan Bupati Dairi ke Desa Lau Juhar-Liang Jering- Alur Subur.

Ia merencanakan perbaikan jalan sepanjang 44, 5 kilometer.

Menurut dia, rencana akan dilakukan normalisasi jalan, pembuatan parit dan selanjutnya akan dilakukan pemadatan dengan menggunakan alat berat.

"Pekerjaan telah dimulai dari Desa Mangan Mulih perbatasan Tanah Karo, Simpang Desa Renun-Namo Sanggar (Mangan Molih)-Lau Juhar-Liang Jering-Alur Subur. Pekerjaan ini dilakukan kolaborasi antara Dinas PUTR dengan BPBD dibantu oleh pihak Kecamatan Tanah Pinem," katanya.

Baca juga: Pemkab Dairi ingatkan RSUD Sidikalang agar utamakan pelayanan

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022