Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, menggandeng Bank Sumut melakukan sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Produk Cash Management System (CMS) dan Sumut Link bagi para kepala desa di kabupaten Serdang Bedagai..

Bupati Sergai, Darma Wijaya di Seirampah, Rabu, mengatakan, sosialisasi dan bimtek tersebut dilakukan sebagai upaya dalam memberikan pemahaman sekaligus mendukung pengelolaan transaksi keuangan pemerintah daerah yang bersifat non tunai kepada kepala desa.

"Produk CMS dan Sumut Link ini merupakan produk dana dan jasa yang dihadirkan oleh PT. Bank Sumut, diharapkan dapat mendukung pengelolaan transaksi pemerintahan desa sekaligus memberikan kemudahan bagi desa dan masyarakatnya dalam akses layanan perbankan," katanya.

Ia mengatakan, tahun 2022 ini, Pemkab Sergai telah membuat kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Bank Sumut dalam rangka meningkatkan pelayanan khususnya untuk Kades, dimana Kades sudah dapat mengajukan kredit/pinjaman ke Bank Sumut.

"Ini merupakan kabar gembira untuk para Kades dan kita harapkan dengan adanya kesepakatan ini dapat menjalin silaturrahim yang baik antara Pemkab Sergai dengan PT. Bank Sumut," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai-Socfindo vaksinasi penguat 1.000 orang

Sementara Wakil Bupati Sergai, Adlin Tambunan, mengatakan, implementasi aplikasi CMS itu nantinya akan membantu Pemkab Sergai dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sehingga menghasilkan transaksi yang tertib dan taat pada peraturan perundang-undangan.

Dengan penerapan CMS di desa, akan tercipta sinergitas dalam mendukung pembangunan desa termasuk peningkatan kinerja pengelolaam keuangan desa.

"Untuk itu dalam Sosialisasi dan Bimtek Produk CMS dan Sumut Link itu para kepala desa dapat lebih memahami manfaat dari layanan tersebut dan dapat langsung diterapkan di desanya," katanya.

Baca juga: Taman bermain anak CSR Bank Sumut Tanjungbalai diresmikan

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022