Sebanyak 17 putra-putri Padangsidimpuan mengikuti pelatihan life skill tingkat nasional yang dipusatkan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja di Bekasi.

Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, Senin (24/1), mengatakan, ke-17 pemuda tersebut mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, untuk beberapa bulan kedepan.

"Mereka 4 orang di jurusan Pemprograman Embadded System Berbasis IOT, 6 Orang Jurusan Teknisi Telepon Seluler, 4 Orang Jurusan Networking Professional, 3 Orang Jurusan Plate Welder SMAW 3-UP PF," katanya.

Baca juga: Wali Kota Padangsidimpuan minta BPKP Sumut bimbing susunan laporan keuangan

Sementara Kepala Dinas Ketenagakerjaan Padangsidimpuan, Risman Khalik, menjelaskan tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja.

Sehingga dengan mengikuti pelatihan para peserta diharapkan memiliki keterampilan atau keahlian sebagai modal bersaing dalam bursa kerja lokal, regional, maupun nasional sehingga dapat mendorong percepatan visi misi Padangsidimpuan yang Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera, ucap. 

Kepala BLK Padangsidimpuan Nurmala Siregar mengatakan peserta pelatihan yang berangkat ke BBPLK di Bekasi agar menjaga nama baik Kota Padangsidimpuan.

Sehingga kedepan Padangsidimpuan masih diberikan kesempatan mengikuti pelatihan, bila perlu kuota peserta asal Padang Sidempuan ditambah lagi. 

“Sebagaimana pada Tahun 2019 peserta asal Padang Sidempuan sebanyak 12 orang dan Alhamdulillah tahun ini kuota peserta kita ditambah menjadi 17 orang," katanya. 

Untuk diketahui peserta akan mengikuti pelatihan selama 1,5 bulan, 2 bulan dan 2,5 bulan sesuai dengan bidang yang diikuti oleh peserta pelatihan.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022