Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Leonard Silalahi melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Muhammad Nurdin Tanjung mengungkapkan, Rutan Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut bersama unit pelaksana teknis se Tapanuli Raya menegaskan komitmen bersama pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, serta menerima piagam penghargaan kategori Satuan Kerja Perolehan IKPA Terbaik 1 pada penutupan rekonsiliasi data laporan keuangan semester II 2021.

"Selain penandatanganan komitmen bersama dengan UPT se Tapanuli Raya, Rutan Tarutung menerima piagam penghargaan kategori Satuan Kerja Perolehan IKPA Terbaik 1 pada penutupan rekonsiliasi data laporan keuangan semester II 2021," terang M Nurdin, Jumat (21/1).

Baca juga: Ijin pangkalan LPG jadi modus, warga Simalungun tipu warga Taput diringkus polisi

Dikatakan, dalam pelaksanaan deklarasi dan komitmen bersama pembangunan zona integritas, Rutan Tarutung bersama Lapas Kelas IIB Siborongborong, Lapas Kelas III Pangururan, Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan, Rutan Kelas IIB Balige, serta Rutan Kelas IIB Sidikalang sepakat bersama membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Betni Humiras Purba, dan unsur Forkopimda Taput.

"Dalam arahannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi menyampaikan agar seluruh petugas satu persepsi dalam melakukan kontrak kerja dan mengimplementasikan deklarasi janji kinerja tahun 2022 dan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM sebagai komitmen petugas untuk melakukan upaya pembangunan zona integritas dalam 6 area perubahan," urainya.

Juga, terkait tiga hal penting yang harus dilakukan dalam menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan karena over kapasitas, yakni melakukan deteksi dini, memberantas HALINAR (HP, Pungli, Narkoba), serta melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum.

"Rutan Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut juga telah menerima piagam penghargaan kategori satuan kerja perolehan IKPA terbaik 1 pada penutupan rekonsiliasi data laporan keuangan semester II 2021 di Aula Ballroom Hotel Radisson Medan," sebutnya.

Disebutkan, apresiasi tersebut ditujukan demi menghasilkan laporan keuangan yang akurat, akuntabel, transparan, dan tepat waktu, serta untuk dapat mempertahankan opini WTP yang sejak tahun 2009 telah di terima Kementerian Hukum dan HAM.

"Ibu Kadivmin Betni berharap agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta menghasilkan pemutakhiran data yang akurat dan akuntabel dan dapat di pertanggung jawabkan," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rutan Kelas IIB Tarutung menerima piagam penghargaan kategori satuan kerja perolehan IKPA terbaik 1.

"Pak Kepala Rutan bersama seluruh jajaran merasa bangga atas prestasi ini," pungkasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022