Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Sumatera Utara mempercepat proses lelang pengadaan barang dan jasa untuk tahun anggaran 2022. Rencananya pengumuman lelang pekerjaan fisik akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami akan percepat lakukan lelang pekerjaan, paling lama dalam satu dua hari ke depan akan ada pengumuman lelang pekerjaan," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Sumut, Bambang Pardede ketika dikonfirmasi, Kamis (6/1).

Sayangnya dia tidak menjelaskan berapa banyak paket pekerjaan yang akan di lelang dalam waktu dekat. Hanya saja dia menilai percepatan lelang pengadaan barang dan jasa, dilakukan agar pekerjaan yang dihasilkan lebih baik.

Baca juga: Pemprov Sumut tetap cairkan bonus pelatih biliar yang laporkan Edy Rahmayadi ke polisi

Dia mencontohkan akhir tahun lalu cuaca berpengaruh terhadap proses pekerjaan di lapangan.

"Akhir 2021 lalu Kota Medan diguyur hujan dua hari berturut-turut, itu tentu mengganggu," urainya.

Bambang mengaku pihaknya juga merubah sistem pelelangan pekerjaan. Dia tidak ingin lelang perencanaan dilakukan bersamaan dengan lelang pekerjaan fisik.

Menurut dia, lelang perencanaan dilakukan satu tahun sebelum lelang pekerjaan dilakukan.

"Tahun lalu 2021 DED (detail engineering design) pekerjaan dengan pekerjaan fisik di lelang bersamaan. Harusnya tidak begitu, perencanaan di lelang lebih dahulu. Ini juga dilakukan karena Bapak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi komitmen terhadap kualitas dan mutu pekerjaan," ungkapnya.

Untuk tahun anggaran 2021, Bambang mengaku serapan anggaran Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut di atas 90 persen.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022