Kelompok tani di Tapanuli Selatan (Tapsel) khususnya di Desa Muaratais satu, Kecamatan Angkola Muaratais, dalam sebuah perburuan kembali membasmi ratusan ekor hama tikus.

Demikian Petugas POPT-PHP Batang Angkola - Muaratais, Dinas Ketapang dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Ali Husni kepada ANTARA, Selasa (28/12).

Sedikitnya 70 orang terlibat dalam kegiatan geropyokan, atau perburuan hama tikus melibatkan kelompok tani, kepala dan aparat desa, PPL, KTNA Muaratais dua, Koordinator BPP Holbung, dan POPT-PHP. 

Baca juga: Sahuti Instruksi Presiden nomor 2 terkait Jamsostek, Pemkab Tapsel Sosialisasi Perda

Menurut Husni, gropyokan hama tikus itu dilakukan minimal empat kali, baru dilakukan pengumpanan (pakai racun) agar pembasmian hama tikus lebih efektif.

"Sebelum musim tanam Januari 2022, kiranya seluruh kelompok tani wilayah Batang Angkola dan Angkola Muaratais merata mengadakan geropyokan, upaya menekan kerusakan padi sawah petani dari serangan hama tikus," ujarnya. 

Mengingat populasi perkembangbiakan sepasang tikus dalam satu tahun bisa mencapai 1.250 ekor. Apalagi, Batang Angkola dan Angkola Muaratais memiliki luas baku sawah sekitar 2.689 hektare.

"Oleh sebab itu, sebelum musim tanam tiba secara rutin kita mengajak masyarakat petani dan pemangku kepentingan lainnya melakukan perburuan hama tikus di wilayah itu," jelasnya. 

Sebelumnya, serangan hama tikus di wilayah Batang Angkola - Muaratais sudah berlangsung sejak Juli 2021 lalu, dan telah merusak sejumlah hektare tanaman padi sawah petani, bahkan hingga ada sejumlah gagal panen. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021