Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumatera Utara melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Medan menjelang Misa Natal pada 24 dan 25 Desember 2021.
 
Wakasubden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumut Iptu Budi Setiawan, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan sterilisasi tersebut dilakukan pada 16 gereja prioritas di Kota Medan.

"Ini gereja-gereja yang memiliki jemaat yang banyak," katanya.
 
Adapun 16 gereja prioritas yang disterilisasi yakni Katolik Hayam Wuruk, GKPI Sriwijaya, GKPI Kompleks Pamen, Katholik ST Yosep, HKBP Sudirman, Katedral, Katholik Kristus Raja, Katholik ST Paulus Pasar Merah, GKPS Teladan.
 
"Sisanya gereja yang berbatasan dengan Deli Serdang," ujarnya.
 
Sterilisasi tersebut dilakukan untuk memastikan gereja steril dari bahan yang membahayakan, sehingga memberikan rasa aman kepada para jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal.
 
"Mudah-mudahan melalui sterilisasi ini, perayaan ibadah natal dapat berjalan lancar dan dapat membuat masyarakat lebih aman dan nyaman," katanya.
 
Sementara itu pantauan ANTARA di Gereja Katedral, Medan, tim Jibom pada kegiatan sterilisasi itu membawa alat metal detector, senter, dan alat deteksi bom lainnya.
 
Tim Jibom melakukan penyisiran di dalam gereja maupun di luar atau lingkungan yang akan digunakan untuk ibadah Natal.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021