Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) juga telah menyiapkan stok darah apabila diperlukan sewaktu-waktu dalam menghadapi bencana alam terjadi di wilayah kerjanya. 

"Stok darah kita di laboratorium bank darah standby," Ketua PMI Tapsel Drs M Sarjan Lubis didampingi Sekretaris Muhammad Sunhaji di Sipirok, kepada ANTARA, Senin (20/12).

Dikatakan, stok golongan darah O ada 22 kantong, A 10 kantong, B 12 kantong, dan AB 10 kantong. 

Baca juga: Duka warga Rianiate dari atas genangan air luapan sungai Batang Toru Tapsel

"Seluruh stok darah 54 kantong itu ada di unit donor darah PMI Tapsel di Padang Sidempuan, dan siap di distribusikan kapan dan bagi siapa saja yang membutuhkan," katanya. 

Menurut Sarjan, stok darah penting, apalagi di tengah kondisi rawan bencana seperti longsor dan banjir saat ini terjadi di wilayah Tapsel, yang kapan saja dampaknya bisa menciderai manusia. 

"Untuk menambah stok darah, kita (PMI)  juga tengah melakukan penambahan stok darah melalui program donor darah upaya mengantisipasi awal kebutuhan," katanya. 

Para relawan donor darah juga, kata Sarjan, sudah pada dihubungi bilamana sewaktu-waktu butuh untuk menutupi kekurangan stok darah.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021