Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospeda) Sumatera Utara VIII yang akan digelar pada 18-23 Desember 2021 mempertandingkan lima cabang olahraga dan lima cabang seni.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut Josua Sinurat di Medan, Jumat, mengatakan kelima cabang olahraga tersebut, yakni atletik, pencak silat, futsal, bola voli dan hadang.

Sedangkan cabang seni, antara lain kaligrafi, pidato tiga bahasa, seni kriya, seni lukis Islam, cipta dan baca puisi.

"Pospedasu kali ini akan mempertandingkan lima cabang olahraga dan lima cabang seni. Pospedasu akan digelar di Ponpes Darularafah Raya, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang," kata Josua.

Terkait pelaksanaan Pospedasu yang sudah semakin dekat, pihaknya pun mengimbau kepada kabupaten/kota sebagai peserta untuk segera mengirimkan "entry data by name" dan "by number" setiap cabang olahraga dan seni yang diikuti.

Sementara mengenai persyaratan sebagai peserta Pospedasu, Josua mengatakan pihaknya telah menetapkan aturan, yakni setiap peserta merupakan santri asli yang berasal dari Pondok Pesantren yang ada di Sumatera Utara.

Kemudian, sambung dia, santri maksimal kelahiran 1 Januari 2005 dan masih duduk di kelas XI, dan syarat terakhir semua peserta minimal telah menjalani vaksin pertama.

Lebih lanjut, ia mengatakan verifikasi keabsahan peserta akan dilaksanakan pada 15-16 Desember 2021 di Kantor Dispora Sumut. 

"Perwakilan setiap daerah harus membawa SK Kontingen, berkas asli dan fotokopi yang telah dilegalisir, beserta pas foto peserta. Kedatangan setiap kontingen untuk mengikuti Pospedasu dijadwalkan pada 17 Desember 2021 dengan membawa bukti tes usap antigen," tegas Josua. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021