Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) intensif mengejar target vaksinasi COVID-19 hingga akhir tahun dengan melakukan berbagai upaya, termasuk dengan melakukan jemput bola langsung mendatangi rumah warga.

"Berbagai kebijakan dan upaya telah dan akan terus dilaksanakan untuk menyukseskan implementasi program vaksinasi," kata Sekdakab Sergai, Faisal Hasrimy di Seirampah, Senin (6/12).

Ia mengatakan, Pemkab Sergai terus secara gencar melaksanakan vaksinasi terhadap warga dalam ajang “Gempur Vaksinasi” dengan mengerahkan seluruh pihak terkait untuk menjangkau sebanyak mungkin sasaran vaksinasi. 

Baca juga: Wali Kota Medan sebut capaian vaksinasi sudah 78,55 persen

Program vaksinasi door-to-door, di mana vaksinator langsung datang ke rumah warga, juga terus intensif dilaksanakan.

"vaksinasi dari pintu ke pintu menyasar para warga yang kesulitan hadir langsung di sentra vaksinasi, seperti puskesmas atau gerai vaksinasi, karena kendala waktu dan pekerjaan," katanya.

Seluruh upaya tersebut, lanjut dia,  bertujuan untuk mengejar target capaian vaksinasi minimal sebesar 70 persen dari total penduduk yang jadi sasaran. 

Target itu, merupakan salah satu syarat yang mesti dipenuhi untuk mendukung tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok. 

Apalagi saat ini sudah dibuat target agar setiap dusun menyertakan minimal delapan warganya untuk divaksinasi. Pendataan menyeluruh akan dilakukan untuk memastikan hal ini berjalan.

"Kalau herd immunity sudah tercipta Insya Allah kita bisa lebih siap sedia untuk segera pulih dari ancaman pandemi ini dan total mengentaskannya. Tahun depan kami berharap, yang jadi pembahasan kita bukan lagi urusan pandemi, tapi sudah beranjak dan mulai fokus bekerja untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021