Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menerima penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atas diikutsertakannya perangkat desa di Kabupaten Tapanuli Tengah dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Bernat Sibarani didampingi Kepala BPJS Kesehatan Tapanuli Tengah, Ade Irma Suryani, Bukhori Muslim Sinaga (Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta), Elvina Syaprafani Batubara (Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik), pada acara Senam Sehat HUT KORPRI ke-50, Selasa, (26/11) di Lapangan Sepak Bola Pandan, Tapanuli Tengah.

Menurut Bernat, penghargaan yang diberikan BPJS Kesehatan itu, sebagai bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan untuk Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah karena telah mengikutsertakan perangkat desa ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Ada pun jumlah desa yang sudah terdaftar di Tapteng sebanyak 123 Desa dan 736 Kepala Desa dan perangkat Desa.

Sedangkan iuran yang dianggarkan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai Pekerja Penerima Upah sebesar Rp2.047.759.824 (Dua Miliar Empat Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Semilan Ribu Delapan Ratus Dua Puluh Empat Rupiah).

"Dari besaran anggaran itu, 4 % dianggarkan pada APBD Tahun 2021 dengan Dasar Peraturan Presiden No.82 Tahun 2018 dan Turunan Permendagri Nomor 111 Tahun 2019," terang Bernat.

Sedangkan dasar perhitungan iuran 4% dari gaji Kades dan Perangkat Desa yang ditanggung APBD, dan 1% potong gaji yang menanggung 5 jiwa Peserta (1 orang istri/suami,1 orang dan anak maksimal 3 jiwa) tanggungan BPJS Kesehatan disetarakan gajinya pada ASN golonga I dan II, dengan hak kelas rawat di kelas II sebagaimana sudah diatur pada Peraturan Presiden 82 Tahun 2018.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Sibarani menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Turut menyaksikan Bupati menerima penghargaan itu, Wakil Bupati Darwin Sitompul, Sekretaris Daerah, Yetty Sembiring, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra, dan sejumlah pimpinan OPD.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021