Meraih juara Olimpiade Sains IPA di tingkat Nasional, siswi SMP Negeri 1 Limapuluh Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, mendapat hadiah. 
 
Hadiah diberikan Polres Batubara kepada Suwastika Ratu Sinaga (14) warga Kecamatan Limapuluh. 
 
"Hadiah sepeda diberikan Kasatlantas Eridal Fitrah, SH, MH saat menyambangi SMPN 1 Limapuluh bersama personel. Hal itu salah satu bentuk penghargaan dan kepedulian kepolisian terhadap pelajar berprestasi seperti Suwastika," ujar Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH, Senin (22/11).
 
Menurut Ikhwan, berkat ketekunan dan kemauan belajar yang tinggi, anak yatim ini mampu meriah juara III Olimpiade Sains IPA di tingkat nasional yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
"Sepuluh tahun mendatang, mereka inilah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin baru di Indonesia. Jika bukan kita yang membimbing dan membina mulai sekarang siapa lagi," imbuh mantan Kapolres Belawan itu. 
 
Ia menjelaskan, persoalan mendasar bagi pelajar milenial sekarang ini adalah terkait dengan menggunakan internet, media sosial dan pengaruh radikalisme yang mulai marak.
 
Oleh karenanya, kepada semua siswa termasuk guru dan tenaga pendidik di SMPN 1 Limapuluh untuk lebih berhati-hati terhadap isu hoax maupun ujaran kebencian. Lebih-lebih yang bersifat provokatif maupun adu domba.
 
"Ingat, bebas bukan berarti bebas sebebas-bebasnya. Tetapi bebas yang bertanggung jawab dan memperhatikan kebebasan orang lain," jelasnya.
 
Selain hadiah sepeda, kepada Suwastika Ratu Sinaga juga diberikan bantuan untuk perlengkapan dan keperluan sekolahnya.
 
"Teruslah belajar. Raih prestasi yang dapat membanggakan orang tua, teman dan almamater sekolah," terang Ikhwan. 
 
Sementara Suwastika Ratu Sinaga menyatakan akan terus lebih semangat lagi dalam belajar sehingga dapat sabet juara pada kompetisi lainnya. 
 
"Saya ucapkan terimakasih atas dukungan moral dan moril yang diberikan oleh Polres Batubara," pungkasnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021