Ada yang menarik di perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun ini. Di mana salah seorang calon Kepala Desa siap mendukung Kades Petahana yang ikut bertarung dalam Pilkades Tapteng yang akan digelar tanggal 20 Desember 2021 nanti. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan ketentraman Pilkades di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Ada pun kedua Calon Kepala Desa itu adalah M. Suhardi Sihotang (53) yang mengaku siap mendukung Hasdar Effendy (56) yang merupakan calon Petahana untuk Desa Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam Barat.

Menurut M. Suhardi, keputusannya tersebut sudah matang, apalagi dia dan Hasdar masih ada hubungan keluarga.

Baca juga: Wakil Bupati Tapanuli Tengah hadiri rapat bersama Wakil Presiden

"Sama saja, mau saya ataupun pak Hasdar yang jadi Kepala Desa, tujuannya kan sama, untuk kemajuan Desa Pasar Sorkam. Apalagi, kita masih keluarga," kata mereka berdua waktu bincang-bincang dengan wartawan di Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Senin (22/11).

Untuk itu, M. Suhardi mengaku siap berjuang memenangkan Hasdar menjadi Kepala Desa Pasar Sorkam untuk kedua kalinya. "Saya dan keluarga siap mendukung pak Hasdar," ungkapnya.

Sementara itu, Hasdar mengaku terharu dengan keputusan yang diambil M. Suhardi. Dia berjanji, bila terpilih nanti, akan memperjuangkan M. Suhardi sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) untuk mendampinginya menjalankan roda pemerintahan Desa Pasar Sorkam.

"Saya janji, kalau saya menang, Suhardi akan saya perjuangkan menjadi Sekdes. Bahkan, kalau niat saya maju sebagai calon legislatif tahun 2024 mendatang dan berhasil terpilih, saya juga akan memperjuangkan nya (Suhardi) untuk menggantikan saya sebagai Kepala Desa. Itu janji saya," tegasnya.
Sebagai Ketua APDESI Tapteng, Hasdar mengimbau kepada Desa lain di Tapteng yang melaksanakan Pilkades, untuk mencontoh kebersamaannya dengan M. Suhardi.

"Ini menjadi contoh bagi desa-desa yang lain. Buat apa kita gontok-gontokan pada saat Pilkades. Mari kita dukung Pilkades damai di Tapteng," ajaknya.
Untuk diketahui, pendaftaran calon Kepala Desa di Kabupaten Tapanuli Tengah telah selesai dilakukan pada 18 November 2021, dan pelaksanaan pemungutan suara dijadwalkan pada 20 Desember 2021.

Selain Desa Pasar Sorkam, masih ada 84 Desa lainnya di Tapteng yang akan melaksanakan Pilkades serentak.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021