PT PLN (Persero) siap menyukseskan dua ajang balap motor bergengsi di Mandalika International Street Cirkuit yakni Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 yang digelar 12-14 November 2021, dan akan dilanjutkan dengan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

"PLN telah menyiapkan skenario Zero Down Time, dan layanan listrik tanpa kedip dengan sistem suplai berlapis untuk keandalan pasokan listrik selama perhelatan akbar berlangsung," kata Direktur Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda, dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11).

Ia menyebutkan, PLN juga telah menyiapkan pasokan listrik yang bersih untuk dapat menyukseskan gelaran yang ditatap dunia pada depan.
"Dengan komposisi bauran energi untuk energi terbarukan (EBT) di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 39,55 Mega Watt (MW) dari total daya mampu pembangkit sebesar 284 MW," ujarnya.

Baca juga: PLN Sumut berikan bantuan sosial bagi korban banjir di Serdang Bedagai

Syamsul mengatakan, beberapa peralatan sebagai cadangan apabila terjadi gangguan juga telah disiapkan.Total sebanyak sebelas unit Uniterruptible Power Supply kapasitas 1.200 kVA dan delapan buah genset berkapasitas 3.300 kW telah siap di lokasi. 

Persiapan untuk melistriki sirkuit ini telah dilakukan sejak Desember 2020.Proses bermula dari survey di lokasi, pembangunan ruas Jaringan Tegangan Menengah, mobilisasi peralatan, baik dari NTT, Bali, Jakarta, Jawa Timur,Sumbawa dan Bima, uji coba hingga tahap pengujian akhir.

"Sekali lagi kami mohon doa dan dukungan bagi seluruh masyarakat, agar PLN bisa memberikan pelayanan yang terbaik, terutama ajang internasional IATC dan WSBK 2021," kata Syamsul.

Sirkuit balap Mandalika Internasional Street Cirkuit telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo, Jumat (12/11).PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan ajang kelas dunia arena tersebut untuk dapat mengharumkan bangsa dan negara Indonesia.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021