Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat memiliki peran besar dalam mewujudkan Medan Islamic Center pada 2022.

"MUI banyak membantu, salah satunya memutuskan pembangunan Medan Islamic Center," terang Bobby ketika membuka rapat kerja evaluasi MUI Kota Medan 2021 di Medan, Kamis (11/11).

Wali kota memastikan pembangunan fisik Medan Islamic Center dengan luas 21 hektare di Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan telah disepakati dan bakal terealisasi tahun depan.

Baca juga: Wali kota segera realisasikan pembangunan Medan Islamic Center

Namun, lanjut dia, Pemkot Medan tidak cuma sekedar membangun fisik bangunan semata, tetapi juga berkeinginan membangun kehidupan Islamic Center tersebut melalui program masjid mandiri yang telah digagas.

Wali kota juga menjelaskan, program masjid mandiri ini menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, melainkan peradaban dan ekonomi keumatan dari dalam masjid.

"Di era saat ini kita harus bisa bersaing, seperti mempelajari ekonomi syariah melalui masjid untuk membantu menyejahterahkan umat," tutur Bobby.

Ketua MUI Kota Medan, Hasan Matsum, mengatakan progran kerja dilaksanakan pihaknya diawali dengan musyawarah daerah, penyusunan kepengurusan dan melaksanakan taaruf.

Pihaknya juga menggelar rapat kerja, dan salah satunya terus melakukan sosialisasi program masjid mandiri dan pendirian Medan Islamic Center.

"Kami melaksanakan kegiatan rutin Safari Ramadhan dan koordinasi dengan OPD Pemkot Medan dalam melaksanakan kegiatan tertentu, misalnya vaksinasi," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021