Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Lapangan Sepakbola Pandan, Rabu (10/11).

Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan sebagai Komandan Upacara, Kapten Lek Andi Fauzy.

Baca juga: Sekda Arpan Nasution pimpin upacara peringatan hari pahlawan

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih, dilanjutkan Hening Cipta, Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan/Kata-kata Mutiara para Pahlawan Nasional.

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Irup ditegaskan, agar semangat persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, dan pantang menyerah terus digelorakan. Sejarah masa lalu menjadi pelajaran berharga bagi kita.

“Pengorbanan para Pahlawan yang berjuang, seperti pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan,” tegasnya.

Menteri juga meminta agar semangat gotong royong terus digelorakan, serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia, seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda–beda namun tetap satu jua, kata Menteri.

Turut hadir dalam upacara ini, Forkopimda Tapteng, DPRD Tapteng, Sekdakab Tapteng, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Veteran, Tokoh Agama, barisan TNI dan Polri, barisan ASN, Siswa siswi SMAN 1 Matauli Pandan yang membacakan pesan-pesan Pahlawan/Kata-kata Mutiara para Pahlawan Nasional serta SMA Swasta St. Fransiskus Pandan (Paduan Suara).

Selanjutnya, Wakil Bupati Tapteng, Forkopimda, dan rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional, Dr. Ferdinand Lumbantobing di Kecamatan Kolang, Tapteng.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021