Memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021,  DPC-HIPAKAD Kota Tanjungbalai melaksanakan pemancangan replika bendera Merah-Putih di makam sejumlah anggota Legiun Vetran (pejuang) yang ada di daerah setempat, Rabu (10/11).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (DPC-HIPAKAD) Kota Tanjungbalai, H.Abdul Kadir Tatan mengatakan, pemasangan replika bendera Merah-Putih di makam anggota veteran sebagai wujud kepedulian dan penghormatan kepada para pejuang 1945 itu.

"Dulu mereka telah berjuang merebut dan memerdekan bangsa ini dari tangan penjajah khususnya di Tanjungbalai, sehingga patut kita hormati. Pemasangan bendera Merah-Putih di makam adalah bentuk penghargaan atas jasa mereka melepaskan bangsa Indonesia dari penjajahan," ujar Tatan.

Baca juga: Pemkot Padangsidimpuan peringati Hari Pahlawan

Sesuai pantauan, pemasangan replika bendera Merah-Putih oleh pengurus dan anggota HIPAKAD berlangsung di areal Taman Makam Pahlawan dan pemakaman umum di beberapa Kecamatan se Kota Tanjungbalai. Kegiatan dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. 

Berdasarkan catatan, makam pejuang yang dipancangkan replika bendera Merah Putih yakni, M.Khalil Nasution di Taman Makam Pahlawan Kelurahan TB Kota-II, Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Selanjutnya, makam Haris Fadillah dan Abdullah Comel di Jalan Lobe Daut Kelurahan Keramat Kubah, Kecamatan Sei Tualang Raso. Makam H.Abdul Wahab Parinduri dan Alwi AK di Jalan FL Tobing Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar.

Kemudian makam Abdul Roni Marpaung di Kelurahan Pahang Kecamatan Datuk Bandar. Makam Sukarjo di  Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso, dan
makam Amir Husin Marpaung di Kelurahan Perwira Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Selain pengurus dan anggota DPC HIPAKAD Kota Tanjungbalai pemasangan replika bendera Merah-Putih turut didampingi mewakili Danramil 09/TB, Serda Rafles Naipospos. 

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021