Perum BULOG Sumatera Utara sudah membeli beras petani sebanyak 18.732 ton hingga 5 November 2021 untuk memenuhi kebutuhan di daerah itu.

"Sudah ada pembelian beras petani oleh BULOG sebanyak 18.732 ton dan pengadaan itu akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan," ujar Pemimpin Perum BULOG Sumut, Arif Mandu, di Medan, Sabtu (6/11).

Ada pun stok beras BULOG per posisi yang sama masing-masing 7.894 ton cadangan beras pemerintah (CBP) dan komersial 810,67 ton.

Baca juga: BULOG Sumut tambah stok gula untuk kebutuhan Natal

Stok beras BULOG itu bakal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

Beras hasil pembelian dari petani itu terus digelontorkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan termasuk disimpan di gudang agar stok bahan pangan di daerah itu terjaga.

BULOG, katanya, akan terus membeli dan berusaha mencapai bahkan melebihi target pembelian hingga akhir tahun yang ditetapkan  pusat sebesar 27.500 ton.

Dia menegaskan, semakin banyak pembelian beras petani, maka BULOG Sumut bisa semakin mengurangi ketergantungan beras dari pasokan antarpulau atau dari pusat.

Dengan tidak tergantung dari pasokan luar, maka keamanan stok beras di Sumut semakin terjaga.

"Kalau stok aman tersedia di gudang, maka pemenuhan kebutuhan masyarakat di Sumut juga bisa lebih cepat teratasi," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021