Adanya usulan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (P-APDESI) Kabupaten Tapanuli Tengah, ke DPRD Tapteng yang meminta agar Pilkades digelar tahun ini, akhirnya disepakati oleh Pemkab Tapanuli Tengah selaku penyelenggara.

Kesepakatan itu diambil setelah digelarnya rapat bersama antara DPC P-APDESI, DPRD Tapteng, Bupati Tapanuli Tengah, pada Kamis (4/11) di ruang Cendrawasi Kantor Bupati Tapanuli Tengah di Pandan.

Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani yang dikonfirmasi wartawan usai rapat bersama menjelaskan, bahwa pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tapanuli Tengah tetap dilaksanakan tahun 2021.   

Baca juga: PS Pemkab Tapteng pesta gol 6-0 hadapi Avia Pinangsori, 3 gol dicetak Bupati

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi, dan sudah diputuskan dalam rapat itu bahwa Pilkades Tapanuli Tengah tetap digelar tahun ini,” kata Bupati.
Diakui Bupati, memang beberapa saat yang lalu dia menyampaikan bahwa Pilkades ditunda sampai tahun 2022, hal itu karena pandemi COVID-19.

“Bukan karena ada niat untuk menghalang-halangi saudara-saudara yang pingin maju menjadi kepala desa, bukan. Tetapi murni karena situasi pandemi COVID-19,” terangnya.

Dan seiiring berjalannya waktu kasus COVID-19 saat ini di Tapteng nol kasus, ditambah lagi adanya permintaan dari APDESI agar Pilkades tetap digelar tahun ini mengingat ada 85 kepala desa di Tapteng yang masa jabatan habis tahun ini, menjadi dasar ditetapkannya kesepakatan bersama itu.

“Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, kami putuskanlah Pilkades tetap digelar tahun ini tepatnya bulan Desember 2021,” sebut Bupati.
Ditambahkan Bupati, untuk menyukseskan Pilkades ini, para calon kepala desa nantinya diberi pengarahan oleh pihak Kepolisian, terkait komitmen menjaga kekondusifan pada saat pelaksaan Pilkades.

“Ada sekitar lima puluh ribuan pemilik suara di 85 desa yang akan menggelar Pilkades tahun ini. Perlu ada pengarahan dari pihak keamanan untuk menjaga kekondusifan pelaksanaan Pilkades, ditambah lagi nanti pengarahan terkait penerapan prokes saat pelaksanaan pemilihan,” pungkasnya.

Sementara itu pihak keamanan dari Polres Tapanuli Tengah, mengaku siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades tahun ini, dengan berkoordinasi bersama TNI dan Satpol PP.

“Kami akan kawal proses Pilkades ini dari awal hingga akhir. Pengamanan akan dilakukan oleh Polres Tapteng dibantu rekan-rekan dari TNI, Satpol PP. Kami juga akan koordinasi bantuan pengamanan dari Polres terdekat termasuk Polres Sibolga, dan Brimob untuk membackup pengamanan Pilkades ini,” ujar Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian Samma yang juga turut hadir dalam rapat bersama itu.

Sementara itu, Ketua DPC P-APDESI, Hasdar Efendi, mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan DPRD Tapteng yang telah menyepakati dan mendukung pelaksanaan Pilkades Tapanuli Tengah tahun ini.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tapteng dan DPRD yang telah menampung aspirasi kami, sehingga Pilkades dapat digelar tahun ini juga,” kata Hasdar.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri Wakil Bupati Darwin Sitompul, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Willy Silitonga dan Ketua Komisi A DPRD Ahmad Rivai Sibarani, Sekdakab Yetty Sembiring, Perwakilan Kejaksaan Negeri Sibolga dan Kodim 0211/TT, Kadis PMD Tapteng, Hendri Sitinjak dan Kabag Hukum.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021