Wali Kota Medan Bobby Nasution memerintahkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU Ferri Ichsan untuk membangun bak kontrol di bawah Fly Over Amplas.

Dia meyakini keberadaan lobang kontrol itu dapat mengatasi persoalan banjir yang dialami oleh warga di Kelurahan Timbang Deli Kecamatan Medan Amplas.

"Pembuatan bak kontrol ini dilakukan untuk memudahkan saat melakukan proses pembersihan drainase nantinya," katanya saat meninjau lokasi banjir Rabu (3/11).

Baca juga: Penanganan banjir di Medan dilakukan secara ekstra

Selain itu Bobby juga meminta Dinas PU agar menghitung kembali kapasitas drainase inpres yang berada di Jalan Pertahanan tersebut untuk mengetahui apakah masih memadai atau tidak.

Di samping itu banjir yang terjadi ditengarai akibat terjadinya penyumpatan  di tengah parit. “Jika dilancarkan di tengah, apakah berdampak di hilirnya.  Untuk memastikannya harus dilakukan penghitungan ulang kapasitas parit inpres,” ungkapnya.

Plt Kadis PU Kota Medan Ferri Ichsan mengatakan langkah pertama yang dilakukan untuk mengatasi banjir dengan membuat bak kontrol di bawah Jembatan Fly Over Amplas. Rencananya akan dibangun dua titik.

Menurut Ferri pembangunan bak kontrol dilakukan untuk memudahkan saat dilakukannya proses pembersihan drainase sehingga air tetap lancar mengalir.

“Untuk yang jangka pendek telah disepakti kita akan membangun bak kontrol di bawah Fly Over Amplas dan pembuatan bak control akan kita lakukan hari ini. Sedangkan jangka panjangnya kita akan meningkatkan kapasitas drainase yang ada di Jalan Panglima Denai,” jelas Ferri.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021