PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara mengalirkan listrik 24 jam ke 1.103 kepala keluarga (KK) dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional Ke-76.

"PLN UIW Sumut memberikan kado spesial kepada masyarakat yang berada di empat desa di Kabupaten Nias, satu desa di Kabupaten Langkat, satu desa di Kabupaten Labuhanbatu Utara, satu desa di Kabupaten Dairi, dua desa di Kabupaten Deli Serdang, tiga desa di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan satu desa di Kabupaten Karo," kata General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung di Medan, Sumut, Kamis (28/10).

Ia menyebutkan melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, PLN berkomitmen untuk terus mendukung target pemerintah agar seluruh desa yang ada di Sumut menikmati listrik selama 24 jam.

Baca juga: PLN terangi 75.278 desa dorong pergerakan ekonomi masyarakat

PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 16,6 kilometer sirkuit (kms) dan jaringan tegangan rendah sepanjang 25,24 kms serta 19 gardu distribusi dengan total daya sebanyak 925 kVA. Pembangunan konstruksi kelistrikan tersebut senilai Rp11,9 miliar.

"Kehadiran jaringan dan akses listrik ini meningkatkan rasio elektrifikasi Sumut dari 98,62 persen menjadi 98,70 persen," ujarnya.

Pandapotan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang turut membantu proses pembangunan listrik di pedesaan.

"Harapannya, dengan hadirnya listrik PLN ini, akan memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021