Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta tim saber pungli di daerah ini lebih aktif menekan pungutan liar, sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Saber pungli harus lebih kita aktifkan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat," ujar Bobby usai memimpin rapat koordinasi bersama tim saber pungli Kota Medan, Senin (18/10)

Apalagi, lanjut dia, banyak kegiatan Pemkot Medan perlu pengawasan tim saber pungli guna memastikan tujuan dari roda pemerintahan menyejahterahkan masyarakat bisa tercapai.

Baca juga: Wali Kota Medan: Camat bertanggung jawab bawa warganya ke isoter

Wali kota juga menerangkan, penyebab terjadinya pungli salah satunya akibat penyalahgunaan wewenang oleh setiap individu dalam menjalankan tugas.

Kemudian, akibat ketidakjelasan prosedur pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

"Ini jadi poin utama terjadinya pungli. Oleh sebab itu, tim saber pungli harus bisa menelaah titik paling dasar pungli, mulai dari standar operasional sampai ke petugas yang memberikan pelayanan," tegas Bobby.

Selain itu, Wali Kota Medan juga mengharapkan agar masyarakat ikut berperan serta menekan tindakan pungli ini dengan mengadukannya ke petugas yang berwenang.

"Peran serta dari masyarakat sangat diperlukan untuk mengetahui indikasi terjadinya pungli," kata Bobby Nasution.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021