Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu meminta agar penggunaan dana desa untuk hal yang produktif dalam rangka peningkatan kesejahteraan warga desa itu sendiri. 

"Apalagi dimasa pandemi COVID-19 sekarang ini, pilih gunakan anggaran ke hal program pembangunan yang lebih prioritas," katanya dalam keterangan yang diterima Jumat (15/10).

Keterangan bupati itu setelah menghadiri Rapat Kerja Penyusunan APBDes Perubahan 2021 yang dirangkai Rapat Koordinasi unsur PKK Kabupaten/Kecamatan/Keluarahan/Desa di Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Rabu (13/10),

Bupati juga mengingatkan para kepala desa agar berhati-hati menjalankan dana desanya. Seluruh program pembangunan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa.

Baca juga: Hari ini, Tapsel tak ada terpapar COVID-19

"Keterlibatan seluruh unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa sebuah keharusan agar lebih selektif, efisien dan produktif serta berkelanjutan tetapi disesuaikan potensi desa masing-masing," sebutnya.

Lebih jauh Bupati menyarankan warga desa dalam penggunaan dana desa harus berpihak dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

Masyarakat juga diajak memanfaatkan pekarangan masing-masing dengan tanaman bernilai ekonomis seperti hortikultura serta tanaman muda yang diyakini membantu kebutuhan pangan dan pendapatan keluarga.

Sementara Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan pihaknya akan pro aktif menjalankan 10 program pokok PKK dalam mendorong program pemerintah (hingga desa) mulai pemberdayaan, ekonomi keluarga, pendidikan hingga kesehatan dan lainnya.

Kadis Muhammad Yusuf mengatakan selain membahas penyusunan APBDes Perubahan dalam rapat dihadiri camat, kepala desa dan unsur PKK dan dibagi dua gelombang itu juga dibahas langkah-langkah program desa Tahun Anggaran 2022.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021