Tim pembinaan TP-PKK Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), dalam rangka monitoring desa-desa binaan yang ikut lomba di tahun 2021 tersebut, di rumah dinas bupati di Sipirok. 

Rombongan tim monitor yang hadir pada Rabu (6/10) itu dipimpin Nirman, Wakil Sekretatis I PKK Sumut. Kehadiran mereka disambut Bupati Tapsel Dolly P Pasaribu bersama Ketua TP PKK Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu.

Bupati dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan tim  PKK Sumut. Selain itu bupati meminta seluruh kader PKK desa agar tetap rileks menghadapi tim monitor.

Baca juga: Grab dan TP-PKK Sumut hadirkan Pusat Vaksinasi bagi masyarakat luas

"Yang jelas desa-desa binaan yang menjadi sasaran tim sudah siap untuk di monitor, semoga hasil penilaiannya nanti baik, apalagi desa-desa binaan Tapsel sejak dulu sudah beberapa kali masuk nominasi juara," kata Dolly. 

Sementara Ketua TP PKK Tapsel Rosalina dalam laporannya, menyampaikan sejumlah desa binaan PKK yang ikut dilombakan untuk tahun 2021 ini yaitu Desa Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur dalam kategori penilaian Tertib Administrasi, Desa Nanggar Jati Huta Padang, Kecamatan Arse kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Desa Padang Bujur, Kecamatan Sipirok pada kategori desa pelaksanaan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2PKK), dan Desa Batu Hula, Kecamatan Batang Toru pada kategori Desa Hatinya PKK dan Puskesmas Huta Padang sebagai pelaksanaan IVA Test.

"Untuk lebih suksesnya desa-desa binaaan dan bisa masuk nominasi penilaian secara berjenjang, saya meminta partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan untuk saling mendukung. Karena tujuan akhir bagaimana kesejahteraan masyarakat bisa meningkat," kata Rosalina.

Menurut Rosalina juga Bupati selaku pembina PKK senada menyatakan bahwa pembinaan desa bagian daripada mendorong visi misi Pemkab Tapsel untuk mewujudkan masyarakat lebih sehat, lebih cerdas dan lebih sejahtera.

Sementara Ketua TP PKK Propinsi Sumut diwakili Ketua Tim Monitoring Desa Binaan Sumut, Nirman, mengatakan pandemi COVID-19 telah banyak memberikan perubahan yang harus disikapi, termasuk perjalanan program PKK sendiri. 

"Karenanya PKK harus dapat cerdik menyikapi perubahan seperti pandemi, teknologi, dan tuntutan lain yang menjadi tantangan yang harus dihadapi demi terwujudnya PKK yang gemilang. Mari kita ciptakan inovasi, kreasi serta membangun jaringan kemitraan yang luas dan tidak mengikat," kata Nirman.

Turut hadir dalam kunjungan kerja TP PKK Sumut di antaranya para asisten, pimpinan OPD, Kabag, Camat, unsur pengurus dan anggota TP-PKK kabupaten/kecamatan kepala desa binaan, dan perwakilan desa.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021